10 Wisata Jogja yang Menakjubkan Yang Harus Kamu Cobain

Apakah Anda merencanakan liburan ke Jogja? Jika iya, Anda telah memilih destinasi yang tepat! Jogja adalah kota yang kaya akan keindahan alam, budaya, dan sejarah. Dalam artikel ini, kami akan mengulas 10 wisata Jogja yang menakjubkan. Mari kita mulai petualangan seru ini!

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah destinasi yang wajib dikunjungi di Jogja. Candi ini merupakan situs warisan dunia UNESCO yang terkenal dengan arsitektur dan reliefnya yang megah. Anda dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dari atas candi. Alamat: Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang. Harga tiket: Rp 40.000 (wisatawan domestik), Rp 450.000 (wisatawan mancanegara).

2. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah pantai yang terkenal di Jogja. Anda bisa menikmati pasir putih yang lembut dan deburan ombak yang menenangkan. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pesona matahari terbenam di pantai ini. Alamat: Jl. Parangtritis Km 28, Parangtritis. Biaya parkir: Rp 5.000, sewa kuda: Rp 30.000/jam.

3. Kraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta adalah istana resmi Sultan Yogyakarta dan merupakan pusat kebudayaan Jawa. Anda dapat mengunjungi museum di dalam kompleks kraton yang menampilkan koleksi seni dan benda-benda bersejarah. Alamat: Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Yogyakarta. Harga tiket: Rp 15.000.

4. Malioboro

Malioboro adalah pusat perbelanjaan dan jantung kota Jogja. Anda dapat berbelanja oleh-oleh, mencicipi kuliner khas Jogja, dan menjelajahi kehidupan malam yang seru di sekitar area ini. Alamat: Jl. Malioboro, Yogyakarta. Harga tergantung pada produk yang Anda beli.

Baca Juga :  Apa Sih Hukum Asuransi? Biar Enggak Bingung Lagi, Yuk Kita Bahas Bareng!

5. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Anda akan terpesona oleh arsitektur megah candi-candi ini. Jangan lewatkan pertunjukan Ramayana Ballet yang menakjubkan di malam hari. Alamat: Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Prambanan, Sleman. Harga tiket: Rp 30.000 (wisatawan domestik), Rp 375.000 (wisatawan mancanegara).

6. Goa Jomblang

Goa Jomblang adalah destinasi petualangan yang menarik di Jogja. Anda dapat mengeksplorasi goa yang spektakuler dengan sinar matahari yang masuk melalui lubang di atap goa. Alamat: Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul. Harga tiket: Rp 500.000 per orang.

7. Taman Sari

Taman Sari adalah bekas kompleks istana yang terletak di tengah kota Jogja. Anda dapat menjelajahi taman yang indah dan menikmati bangunan bersejarah seperti Sumur Gumuling dan Bangsal Kencono. Alamat: Jl. Taman, Kraton, Yogyakarta. Harga tiket: Rp 15.000 per orang.

8. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger adalah tempat yang cocok bagi Anda yang mencari ketenangan dan udara segar. Anda dapat berjalan-jalan di antara pepohonan pinus yang tinggi dan menikmati suasana alam yang tenang. Alamat: Jl. Godean Km 14, Pengger, Sleman. Biaya masuk: Rp 10.000 per orang.

9. Puncak Becici

Puncak Becici menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari ketinggian. Anda dapat melihat keindahan Pantai Parangtritis dan perbukitan sekitarnya. Alamat: Desa Baturetno, Banguntapan, Bantul. Biaya masuk: Rp 5.000 per orang.

Baca Juga :  Asyik, Liburan Seru Dapat Hadiah Hanya di Mercure Makassar Nexa Pettarani

10. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo adalah tempat yang cocok untuk merasakan sensasi bermain di pasir seperti di gurun. Anda bisa bermain sandboarding atau menikmati pemandangan matahari terbenam yang memukau di tempat ini. Alamat: Parangtritis, Kretek, Bantul. Biaya masuk: Rp 10.000 per orang.

Kesimpulan

Jogja adalah surga wisata dengan beragam tempat menakjubkan yang dapat Anda jelajahi. Dari keindahan Candi Borobudur dan Candi Prambanan yang memukau, hingga kegiatan seru di Pantai Parangtritis dan Gumuk Pasir Parangkusumo, Jogja menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Jangan lupa mencicipi kuliner khas Jogja seperti gudeg dan bakpia. Selamat menikmati keindahan Jogja!