Dari Medical Check-Up Hingga Vaksinasi, Simak Sejumlah Benefit yang Dorong Produktivitas Karyawan

Portal Wartawan – Dunia semakin berubah. Semua pihak dituntut untuk bisa produktif dan bekerja dengan cepat, terlebih dengan adanya kemajuan teknologi yang dapat mendorong kinerja dan kontribusi positif karyawan bagi perusahaan. Namun, perlu diingat bahwa produktivitas yang tinggi harus dibarengi dengan perhatian dan dukungan yang memadai dari perusahaan, seperti penciptaan lingkungan kerja yang kondusif, ruang bagi karyawan untuk berkembang, hingga penyediaan berbagai benefit yang dapat membantu karyawan agar tetap prima secara fisik maupun mental. Studi menunjukkan bahwa program kesehatan yang diberikan perusahaan dapat meningkatkan produktivitas karyawan hingga 60%, dan mengurangi tingkat ketidakhadiran hingga 19%.

Medical check-up dan vaksinasi merupakan contoh program kesehatan preventif yang dapat dilakukan perusahaan untuk menjaga kesehatan karyawan. Temuan Grand View Research (2022) menunjukkan bahwa baru 26,65% dari total medical check-up yang dilakukan di Asia berasal dari segmen perusahaan. Ke depan, seiring dengan peningkatan produktivitas perusahaan pasca pandemi, diharapkan semakin banyak perusahaan yang memfasilitasi karyawan dalam terkait benefit kesehatan seperti medical check-up hingga vaksinasi.

Melalui medical check-up secara rutin, perusahaan dapat mengelola kondisi kesehatan karyawan dengan optimal, termasuk mendeteksi dini penyakit atau potensi penyakit dari karyawan sehingga dapat diantisipasi dengan cepat. Demikian juga dengan vaksinasi, yang dapat menjadi langkah penting perusahaan untuk membantu karyawan mengurangi risiko keparahan berbagai penyakit. Dengan menggabungkan kedua tindakan ini, maka kesehatan karyawan dapat dijaga dan produktivitas baik bagi karyawan maupun perusahaan dapat ditingkatkan.

Baca Juga :  Bersama Pemprov Sulawesi Selatan, Pegawai PLN UID Sulselrabar Donorkan Darah untuk Kemanusiaan

Sejalan dengan pentingnya menjaga kesehatan secara preventif, yang juga menjadi program pemerintah, Halodoc menyediakan layanan Home Lab & Vaksinasi yang dapat dimanfaatkan untuk individu maupun perusahaan. Chief Operating Officer Halodoc, Veronica Utami memaparkan, ?Benefit kesehatan yang bersifat preventif semakin penting bagi karyawan masa kini, sehingga kami pun yakin layanan Home Lab & Vaksinasi di Halodoc dapat menjadi bagian dari solusi strategis perusahaan dalam menjaga kesehatan dan produktivitas SDM-nya. Layanan ini hadir untuk menjawab pain points masyarakat seperti sulitnya mencari waktu untuk melakukan tes lab/vaksin. Dengan teknologi, Halodoc memfasilitasi pencarian layanan kesehatan dengan petugas medis datang ke rumah atau kantor untuk melakukan pemeriksaan kesehatan maupun vaksinasi. Hasil dari pemeriksaan akan diuji di mitra laboratorium kami, dan dapat diakses langsung melalui aplikasi Halodoc”.

?Dengan kemudahan yang ditawarkan, fitur layanan Home Lab & Vaksinasi untuk perusahaan kini menjadi salah satu fokus bagi kami. Halodoc menyediakan 18 paket medical check-up dengan 140 jenis pemeriksaan, serta berbagai macam vaksin seperti Influenza, Dengue, Pneumonia, dan HPV, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Informasi terkini dapat dicek di Aplikasi Halodoc maupun www.halodoc.com secara berkala,? tambah Veronica.

Selain medical check-up dan vaksinasi, terdapat sejumlah program kesehatan lain yang dapat diberikan perusahaan sebagai fasilitas bagi para karyawannya. Beberapa program tersebut, antara lain:

Baca Juga :  Ngabuburit Seharian? Kenali Jenis Olahraga Militer yang Seru!

Fasilitas kelas olahraga atau gym

Hasil penelitian dalam jurnal PLOS One menunjukkan bahwa aktivitas fisik dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik. Oleh karena itu, penyediaan fasilitas kelas olahraga atau gym dapat membantu perusahaan mempromosikan fungsi kognitif yang lebih baik di antara karyawan. Peningkatan fungsi kognitif ini akan meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan serta kemampuan mereka untuk menuangkan ide-ide baru bagi perusahaan.

Layanan konseling untuk kesehatan mental

Karyawan yang memiliki kesejahteraan mental yang baik biasanya lebih terfokus, kreatif, dan produktif. Dengan kehadiran layanan konseling kesehatan mental, karyawan dapat berkonsultasi dengan konselor yang dapat membantu mereka mengatasi rintangan yang mengganggu kinerja dan produktivitas mereka.

Pemberian booster vitamin secara rutin

Berbagai jenis vitamin memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan individu dengan mengurangi risiko penyakit, terutama karena kemampuannya dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Salah satu vitamin yang sangat penting untuk dikonsumsi secara teratur adalah vitamin C. Vitamin ini berperan sebagai agen anti inflamasi yang efektif dalam melawan kerusakan oksidatif, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Dalam hal ini, Halodoc juga telah menyediakan layanan booster vitamin C yang terintegrasi dengan fitur layanan Home Lab & Vaksinasi. ?Layanan ini dapat dilakukan bersamaan dengan layanan medical check-up dan vaksinasi, sehingga membantu perusahaan memenuhi kebutuhan preventif kesehatan karyawan secara menyeluruh. Berbagai layanan preventif yang komprehensif ini merupakan wujud komitmen Halodoc untuk menjadikan masyarakat Indonesia yang lebih sehat,? ujar Veronica.

Baca Juga :  Kartu Indonesia Sehat, Program Pemerintah Dalam Menjamin Kesehatan Rakyat!

Penyediaan peralatan kantor yang mendukung active lifestyle

Studi dari American Cancer Society menunjukkan keterkaitan antara durasi duduk dengan peningkatan risiko kematian dini. Oleh karena itu, penyediaan peralatan kantor seperti standing desk bagi karyawan dapat menjadi langkah preventif yang efektif. Selain itu, perusahaan juga dapat menyediakan fasilitas seperti kursi pijat dan hand exerciser grip untuk mengurangi kelelahan dan menjaga kesehatan karyawan, sehingga produktivitas mereka tetap optimal.

Dengan memastikan karyawan sehat secara fisik maupun mental, maka produktivitas karyawan dapat ditingkatkan. Hal tersebut pada akhirnya dapat membantu perusahaan untuk berkembang di tengah kondisi yang semakin dinamis.