Dilaksanakan 3 Hari, Event Olahraga Akbar S8 Digelar Oktober Mendatang

#image_title

Portal Wartawan, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar segera menggelar olahraga akbar tahun ini. Namanya Makassar Sports Eight atau Makassar S8.

Rencananya, pelaksanaan inisiasi Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto ini dilaksanakan selama tiga hari, 20-22 Oktober 2023 di sepanjang Anjungan Pantai Losari.

Ketua Panitia Pelaksana S8, Andi Muh Yusuf menjelaskan progres persiapan masih berkisar 70 persen. Koordinasi terus dilaksanakan Dinas Pemuda dam Olahraga (Dispora) Makassar dengan KONI dan KORMI.

“Kita sekarang pematangan konsep sesuai tema S8. Ada Delapan S dalam pelaksanaan nantinya,” jelas Andi Muh Yusuf, Selasa (5/9).

Koordinasi KONI dan Kormi, kata dia, pelaksanaan S8 akan menggabungkan dua jenis olahraga dalam hal ini prestasi dan Tradisional. Agenda ini untuk menyempurnakan even skala nasional nantinya dan rencananya promosi S8 dimulai minggu ketiga September.

“Agenda S8 ini kita laksanakan selama tiga hari, rencananya itu 20-22 Oktober dengan beberapa titik tapi pusatnya di Anjungan Pantai Losari. Tapi ini masih kita koordinasikan,” ucapnya.

Untuk peserta, kata Ucu-sapaan akrabnya, pihaknya masih menyusun soal kepesertaan antara Dispora, KONI dan KORMI Makassar. Namun, nantinya pelaksanaan S8 ini akan membuka kategori umum dan pelajar.

“Tapi soal kepesertaan masih koordinasi baik KONI dan KORMI Makassar,” paparnya.

Menariknya, kata Ucu, pelaksanaan event S8 ini untuk pertama kali ada Sportainment dan Sport Tourism. Harapannya, dua poin ini menjadi tontonan menarik dan menghibur masyarakat. Lalu, menjadi primadoma baru sebagai perhelatan unggulan di Kota Makassar.

Baca Juga :  Spesifikasi Tas Gunung Arei ATMOS 60L Yang Wajib Kamu Punya!

“Tentu harapan kita semua kegiatan ini dapat berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat serta pertumbuhan PAD Kota Makassar ke depannya,” ungkapnya.

Kepala Dispora Makassar, Andi Patiware mengatakan Wali Kota Danny Pomanto ingin S8 dilaksanakan tahun 2023. Di mana acuan perhelatan dari Makassar Half Marathon (MHM) 2022 yang pelaksanaanya dinilai sangat terorganisir dan rapih.

“Setelah MHM sukses digelar dengan tertib dan terorganisir, Pak Wali mencetuskan S8 lalu memerintahkan kami untuk segera menyusun desainnya agar dapat digelar 2023 ini,” ungkap Andi Pattiware,

Penamaan Makassar S8 sendiri, kata Andi Pattiware, diadopsi dari event andalan Kota Makassar, F8 atau Makassar International Eight Festival and Forum. Event ini bakal diisi ragam kompetisi, eksibisi dan atraksi olahraga.

“Jadi Pak Wali ingin S8 ini seperti event F8 nya olahraga di Makassar, yang spektakuler. Sementara kita ramu seperti apa rancangannya, karena kami ingin S8 bukan hanya sekadar event olahraga, tetapi jadi momentum untuk menegaskan bahwa olahraga adalah solusi sekaligus jadi bagian mitigasi sosial di Makassar,” kata Andi Patiware.

“Untuk rencana awal di dalamnya akan ada Sportainment, Sport Competition, SportTourism, olahraga tradisional, olahraga tangangan, e-Sports, dan masih banyak yang lainnya. Kita sementara formulasikan semua aspek,” sambungnya.

Untuk merealisasikannya, Andi Pattiware mengaku membutuhkan banyak bantuan dan dukungan dari semua pihak. Baik dari OPD lingkup Pemkot Makassar, KONI Makassar, persatuan dan komunitas olahraga, event organizer, serta warga Makassar.

Baca Juga :  Kadispora Kota Makassar Tutup Makassar Sports Eight

Termasuk, pelibatan NPC atau National Paralympic Committee. Kata dia, pihaknya ingin menghadirkan perhelatan olahraga yang inklusif dengan melibatkan cabor dibawah NPC. Olehnya itu keterlibatan semua pihak dapat menyukseskan S8 di Kota Makassar.

“Kami butuh dukungan dari semua pihak, Pak Wali dan Bu Wawali, seluruh OPD, mitra kami KONI Makassar, saran dan segala masukannya sangat kami harapkan,” tutupnya.