Hadiri KTT G7 di Jepang, Jokowi Bawa Suara Negara Berkembang

portalwartawan.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Iriana Jokowi serta delegasi terbatas pergi ketujuan Hiroshima, Jepang, Jumat (19/5/2023).

Salah satu jadwal Presiden Jokowi serta Ibu Iriana di Jepang untuk penuhi undangan mengikuti Pertemuan Tingkat Tinggi (KTT) G7 dengan sekian banyak negara partner atau G7 Outreach Summit tahun 2023.

“Pagi ini hari, saya bersama Ibu Negara dan delegasi terbatas akan pergi ke Hiroshima di Jepang dalam rencana mendatangi undangan Presiden G7 adalah Pertama Menteri Kishida Jepang,” kata Presiden Jokowi, dalam info jurnalis. di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sebentar saat sebelum tinggal landas.

Menurut Presiden Jokowi, di diskusi G7 akan diulas beberapa persoalan global seperti perombakan cuaca, pangan, energi, serta yang lain. Presiden mengatakan kalau Indonesia ingin berperan di sektor-sektor itu.

“Indonesia akan bawa suara dari” global south yang pokoknya sekian banyak negara berkembang harus didengar, tidak cuma beberapa negara maju dan sekian banyak negara besar saja . Sehingga sekian banyak negara berkembang mesti didengar dalam komunitas tersebut. Kemauan kita kurang lebih itu,” terang Jokowi -seperti diberitakan web setkab.go.id.

Terkait hal itu, Presiden mengatakan jika sejumlah point dari hasil KTT ke-42 ASEAN yang terjadi di Labuan Bajo (NTT) akan dibawa sama Presiden Jokowi.

“Berkenaan dengan Myanmar semisalnya,” timpalnya.

Selain mendatangi KTT G7, Presiden Jokowi pun diskedulkan buat lakukan percakapan bilateral dengan beberapa pimpinan negara. Presiden akan berjumpa dengan sejumlah golongan entrepreneur besar Jepang dalam pola komunitas usaha.

Baca Juga :  Gelar Mini Expo LIKUPADI, Pegadaian Area Makassar 1 Edukasi Masyarakat Pentingnya Literasi Keuangan

Presiden Jokowi dan kelompok tinggal landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma memanfaatkan pesawat kepresidenan Indonesia-1 seputar waktu 09.00 WIB. Presiden diperkirakan datang kembali di Tanah Air pada Minggu (21/5/2023).

Turut mengikuti Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan tuju Jepang yakni Menteri Koordinator Sektor Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Sekretaris Cabinet (Seskab) Pramono Anung.

Turut lepaskan pemberangkatan Presiden Jokowi dan kelompok yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, serta Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.