Bisnis  

IHSG Diperkirakan Lanjut Melemah Hari Ini, Simak Rekomendasi Sahamnya

portalwartawan.com – Index Harga Saham Kombinasi ( IHSG ) dibayangkan menurun pada Kamis (16/3/2023). Awal kalinya, IHSG pada penutupan Rabu (15/3/2023) berakir di area merah pada tingkat 6.628,13 atau turun 13,6 point (0,21 %).

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova berkata, sekarang ini trend gerakan IHSG masih bearish. IHSG diprediksi akan menyelesaikan pembuatan wave waktu masih tetap ada di atas tingkat 6.558.

Dia ngomong, bila penutupan ini hari masih di 6.617 atau semakin tinggi, karena itu IHSG dapat selekasnya alami rebound buat memulai pembalikan mode.

“œLevel dukungan IHSG ada pada 6.617 ““ 6.510, sementara tingkat resistennya di 6.700 ““ 6.968. Berdasar sinyal MACD, IHSG masih mengisyaratkan momen bearish,” kata Ivan dalam risetnya.

Senada dengan Ivan, Founder WH Proyek William Hartanto mengutarakan, IHSG punyai kesempatan rebound, akan tetapi tidak mengganti arah mode pengurangan sekarang. Ia omong, sentimen external yang membuntuti IHSG masih dipastikan oleh tanggapan pelaksana pasar dalam negeri.

“œSecara teknikal, ada permintaan area IHSG di tempat 6.500, dan dilihat terang IHSG cuma bisa rebound terbatas masih di bawah MA5, maknanya trend IHSG yang lagi jalan (downtrend) udah semakin kuat,” kata William.

Ini bermakna, semakin bertambah besar kebingungan jadi lebih rendah tingkat IHSG yang bisa ditemui. Kabar jelek terkait perbankan AS yang mengenyam kritis susul susul, memberinya gambar kalau pasar telah kian ke arah jatuh, biarpun sampai kini belum dilihat tanggapan yang menuju pada situasi itu.

Baca Juga :  LIGHThouse Resmi Hadir di Makassar, Klinik Ke-17 Pionir Weight Control Center Indonesia

“œKami memproyeksikan IHSG miliki potensi bergerak mixed condong menurun dalam kisaran 6.594 ““ 6.741. Kemungkinan rebound berlangsung, dan karena IHSG tidak sukses bertahan di dalam situasi rebound karenanya gerakan condong menurun kembali,” sambungnya.

Berbeda dengan CEO Yugen Berubah Sekuritas William Surya Wijaya yang menjelaskan, gerakan IHSG di tengahnya kurangnya sentimen baik dari luar ataupun dalam negeri dilihat akan tetap ada dalam bentang penggabungan, sedang skema gerak pasar regional yang condong labil.

“œPergerakan harga komoditas dalam waktu pendek bisa menjadi satu diantara variabel yang mengubah skema gerak IHSG, sedang mendekati lansir data ekonomi tingkat suku bunga dalam hari ini ditengarai akan mengenyam transisi bakal ikut berikan warna gerakan IHSG, ini hari iHSG mempunyai potensi kuat terbatas,” kata William.

Yugen Berkembang Sekuritas mengasumsikan IHSG ini hari bakal bergerak di rata-rata 6.600 s/d 6.726.

Adapun saran teknikal dari 2 perusahaan sekuritas, diantaranya berikut ini:

1. WH Proyek

· SMKL saran buy, dukungan 304, resistance 326. · ESSA rujukan buy, dukungan 940, resistance 1.090. · MTEL referensi buy, dukungan 680, resistance 740.

2. Binaartha Sekuritas

· BBRI rujukan buy on weakness, dukungan 4.570, resistance 4.820-5.175 · BMRI saran akumulatif buy, dukungan 9.500, resistance 10.700 – 11.400 · HRUM rujukan buy on weakness, dukungan 1.440, resistance 1.640-1.830

Baca Juga :  Universitas Brawijaya dan HPN Jatim Launching Program 1000 Mahasiswa Wirausaha

Disclaimer: Artikel ini bukanlah untuk ajak beli atau jual saham. Semua referensi dan diagnosis saham datang dari riset dari sekuritas yang berkaitan, dan Kompas.com tak memikul tanggung jawab atas keuntungan atau rugi yang muncul. Ketetapan investasi ada pada tangan Investor. Tekuni dengan cermat sebelumnya beli/menjajakan saham.

Dapatkan up-date info alternatif serta breaking news sehari-hari dari Kompas.com. Silakan tergabung di Group Telegram “Kompas.com News Up-date”, metodenya click link , selanjutnya gabung. Anda harus install terapan Telegram lebih dahulu di handphone.