KPU Gandeng 260 Mahasiswa Unhas dalam KKN Tematik Pilkada Sulsel 2024

Portal Wartawan, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Selatan (KPU Sulsel) bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam Pilkada serentak yang akan berlangsung pada 27 November 2024.

Komisioner Divisi Sosialisasi KPU Sulsel, Hasruddin Husain, menyatakan bahwa pelibatan mahasiswa Unhas dalam pilkada kali ini sangat penting.

“Pelibatan mahasiswa ini diharapkan dapat menjadikan mereka agen perubahan di tengah masyarakat guna meningkatkan partisipasi dalam Pilkada mendatang,” ujarnya.

Hasruddin, yang akrab disapa Uceng, menjelaskan bahwa KPU Sulsel telah merancang modul khusus untuk membekali mahasiswa sebelum mereka turun mengawal Pilkada di lapangan. Modul ini akan menjadi pegangan bagi mahasiswa selama mereka berada di lokasi KKN.

Sebanyak 260 mahasiswa Unhas akan mengikuti KKN Tematik ini. Pembekalan dilakukan sebagai tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antara Unhas dan KPU Sulsel dalam program kemitraan yang bertujuan untuk menyukseskan Pilkada serentak.

Mahasiswa KKN akan ditempatkan di 24 kabupaten/kota di Sulsel. “Setiap kabupaten/kota akan diisi oleh 10 mahasiswa, yang berarti 240 mahasiswa berasal dari 13 fakultas berbeda. Selain itu, 20 mahasiswa lainnya akan ditempatkan di KPU Provinsi Sulsel,” jelas Hasruddin.

Direktur Transformasi Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Unhas, Syahrianti Saad, menyatakan bahwa Unhas akan memberikan ruang seluas-luasnya bagi mahasiswa yang tergabung dalam KKN Tematik Pilkada untuk berkreasi dan berkolaborasi dengan KPU Sulsel.

Baca Juga :  10 Pejabat Negara Terkaya yang Sudah Lapor LHKPN, Ini Daftarnya

“Ini adalah kesempatan bagi mahasiswa yang ingin belajar dan membantu menyelesaikan persoalan di masyarakat,” tambahnya.

Syahrianti juga menekankan bahwa Unhas telah menyiapkan 25 dosen pendamping terbaik untuk mendampingi mahasiswa selama KKN berlangsung. Dosen pendamping ini akan membantu mahasiswa dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka di lapangan.

Kegiatan KKN Tematik ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih pemula dan memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam memahami proses pemilihan umum.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan membantu menyukseskan Pilkada serentak 2024,” kata Hasruddin.

Dengan keterlibatan aktif mahasiswa dalam KKN Tematik ini, diharapkan dapat tercipta sinergi yang baik antara KPU Sulsel, Unhas, dan masyarakat dalam mewujudkan pemilihan yang lebih partisipatif dan demokratis.