KPU Sulsel dan UNHAS Kolaborasi KKN Tematik untuk Tingkatkan Partisipasi Pilkada

Portal Wartawan, MAKASSAR ? Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Selatan (KPU Sulsel) akan menjalin kerja sama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik.

Penandatanganan MoU dijadwalkan awal Juli 2024.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) KPU Sulsel, Hasruddin Husain, mengungkapkan bahwa pelibatan mahasiswa dari berbagai jurusan, termasuk kedokteran, merupakan poin penting dalam MoU ini.

“Sebanyak 260 mahasiswa akan disebar di 24 kabupaten/kota awal Juli mendatang,” tambahnya.

Setelah penandatanganan MoU, mahasiswa akan menerima pembekalan mengenai dasar-dasar pemilihan gubernur, walikota, dan bupati.

Hasruddin menekankan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah menyelaraskan konsep sosialisasi KPU Sulsel dengan seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

“Selain kesamaan konsep, kami juga ingin menjadikan mahasiswa sebagai agen di tengah masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pada Pilkada 27 November 2024 mendatang,” jelas Hasruddin.

KPU Sulsel bersama 24 kabupaten/kota telah menyusun modul kegiatan sebagai panduan bagi mahasiswa selama KKN. Kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat sosialisasi pemilu dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada.

Baca Juga :  Bertemu ACO, Ryan Latief Kian Mantap Pasangan Aliyah di Pilwali Makassar