LAM PT-Kes Visitasi Akreditasi Prodi Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM Unhas

Portal Wartawan, MAKASSAR – Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melaksanakan visitasi dalam rangka akreditasi Program Studi Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK) pada Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas. Kegiatan berlangsung mulai pukul 14.00 Wita di di ruang Prof. Dr. Nur Nasri Noor, lantai 2 FKM Unhas, Selasa (19/03).

Turut hadir Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (Prof. Sukri Palutturi, S.KM., M.Kes., M.ScPh., Ph.D) beserta jajarannya, Ketua Prodi magister AKK FKM (Dr. Muhammad Yusran Amir, SKM, MPH) dan seluruh stakeholder lingkup FKM Unhas. Adapun tim assessor yakni Dr. drg. Setya Haksama, M.Kes (Universitas Airlangga) dan Dr. Drs. Sutanto Priyo Hastono, M.Kes (Universitas Indonesia).

Mengawali kegiatan, Dekan FKM Unhas Prof Sukri Palutturi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kesedian para assesor melakukan visitasi. Dirinya menjelaskan, sivitas akademika FKM Unhas telah mempersiapkan dengan baik seluruh dokumen yang diperlukan. Dirinya juga memberikan gambaran tentang beberapa prodi yang nantinya juga akan melakukan proses visitasi.

?Tentunya prodi S2 AKK ini tidak terlepas dari pengawalan ketua prodi S2 AKK yang menyusun berbagai kelengkapan administrasi untuk menargetkan akreditasi unggul baik skala nasional maupun internasional. Mudah-mudahan akreditasi S2 AKK ini mampu memperoleh nilai yang optimal,? jelas Prof. Sukri.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof. JJ menyambut hangat para assesor yang melakukan visitasi. Dirinya juga mengapresiasi sivitas akademika FKM Unhas yang terlibat dalam proses persiapan akreditasi. Dirinya menjelaskan, proses peningkatan kualitas terus dilakukan Unhas melalui kolaborasi dengan berbagai unit kerja termasuk fakultas.

Baca Juga :  Sidang Kelulusan SPAN-PTKIN 2024

Terkait prodi yang akan menjalani proses vitasi menurutnya prodi S2 AKK ini salah satu prodi yang diandalkan keberadaannya untuk melihat kedepannya terkait administrasi UU kesehatan secara komprehensif

?Saya melihat bahwa kesmas adalah miniatur universitas, sebab dosennya berasal dari berbagai disiplin ilmu atau bidang sehingga kompetensi lulusannya bisa memiliki wawasan luas. Unhas juga dapat saya katakan sebagai penyeimbang dan pemersatu NKRI sehingga antara kawasan barat dan timur bisa menjadi seimbang. Unhas yang sedang berproses untuk memperkuat prodi dan fakultas, karena kalau kita tidak unggul, bagaimana mungkin kita bisa membina perguruan tinggi lainnya di kawasan timur,? jelas Prof JJ

Mewakili tim assessor, Drg. Setya menyampaikan secara umum visitasi yang dilakukan bertujuan untuk memotret kondisi dan proses yang ada di S2 AKK. Dimana, hasilnya akan disampaikan untuk kemudian diproses. LAM-PTKes memotret kepatuhan, keoptimalan dari proses menjaga mutu terkait dengan dokumen-dokumen yang diberikan. apakah dilaksanakan dan juga ditindaklanjuti.

Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi dokumen kinerja dan LED UPPS/Program Studi dan diskusi. Lalu para assesor menilai proses pembelajaran pada aspek perkuliahan dan tutorial; laboratorium; dan wahana praktek, termasuk sarana-prasarana pendukung.