Daerah  

Pembukaan PKMR XLVII, Dekan Fak. Kehutanan Unhas: PKMR Bentuk Karakter Rimbawan yang Tangguh

Portal Wartawan, MAROS – Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Bidang Akademik dan Kemahasiswaan menyelenggarakan kegiatan Perkemahan Kerja dan Malam Rimbawan (PKMR) XLVII dengan mengusung tema “Pembangunan Karakter Rimbawan yang Tangguh, Adaptif, dan Profesional dalam Menopang Pembangunan Bangsa dan Hutan yang Berkelanjutan”. Kegiatan dibuka secara langsung Dekan Fakultas Kehutanan Unhas, Dr. Ir. A. Mujetahid M., S.Hut., M.P., IPU.

Kegiatan berlangsung mulai pukul 19.00 Wita di Dusun Bara-Barayya, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Senin (1/7).

Hadir dalam kegiatan ini Dekan Fakultas Kehutanan Unhas, Dr. Ir. A. Mujetahid M., S.Hut., M.P., IPU. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kehutanan Unhas, Dr. Ir. Syamsu Rijal, S.Hut., M.Si., IPU., Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset dan Inovasi Fakultas Kehutanan Unhas, Syahidah, S.Hut., M.Si., Ph.D., Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Kehutanan Unhas, Ruth Eppi Lobo, S.Sos., Kepala Subdirektorat Kelembagaan Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan Unhas, Muhammad Irdam Ferdiansah, S.E., M.Acc., Ph.D., dosen dan tenaga kependidikan Fakultas Kehutanan Unhas, serta perwakilan dari KPH Bulusaraung.

Ketua Panitia PKMR XLVII Fakultas Kehutanan Unhas, Wardiman Mas’ud, S.Hut., M.Hut. dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Fakultas Kehutanan Unhas, Kepala KPH Bulusaraung, panitia PKMR XLVII dan semua pihak yang telah membantu dan mendukung sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik.

“Kegiatan PKMR merupakan jendela kecil terkait gambaran umum bagi teman-teman sebagai calon rimbawan. PKMR hadir karena ada histori dan nilai korsa rimbawan yang harus ada dalam jiwa kalian” jelas Wardiman.

Baca Juga :  Jaga Kondisi Mental Anak-anak Korban Bencana Luwu, PT Vale Beri Layanan Trauma Healing

Wardiman Mas’ud berharap kegiatan ini bisa menjadi wadah belajar bagi mahasiswa di lapangan, mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman yang bisa digunakan dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari serta memberikan manfaat untuk masyarakat.

Kegiatan ini diikuti mahasiswa angkatan 2023 dengan jumlah peserta 365 orang diantaranya 250 perempuan dan 115 laki-laki.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kehutanan Unhas, Dr. Ir. Syamsu Rijal, S.Hut., M.Si., IPU. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pelaksanaan kegiatan ini, terkhusus kepada Pemerintah Kabupaten Maros dan Tim Bantuan Medis (TBM) Fakultas Kedokteran Unhas.

“Saya berharap kegiatan ini bisa diikuti dengan baik oleh mahasiswa, semua ilmu dan pengalaman yang didapatkan selama mengikuti kegiatan bisa nantinya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Syamsu Rijal

Lebih lanjut dikatakan, salah satu kegiatan yang akan dilakukan oleh peserta PKMR XLVII adalah membantu pemetaan sebaran aren untuk memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan aren yang ada di Desa Bonto Manurung Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros.

Dekan Fakultas Kehutanan Unhas, Dr. Ir. A. Mujetahid M., S.Hut., M.P., IPU. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Desa Bonto Manurung yang telah menyetujui kegiatan PKMR XLVII dilaksanakan di desanya.

PKMR merupakan salah satu ajang bergengsi yang ada di Fakultas Kehutanan Unhas, dan telah dilaksanakan sebanyak 47 kali. Kegiatan ini merupakan salah satu ajang membangun dan menjalin kebersamaan antara dosen, tenaga kependidikan, alumni dan mahasiswa, kegiatan ini merupakan pula proses pembentukan karakter rimbawan yang tangguh.

Baca Juga :  Tingkatkan Kinerja RSUD Argamakmur, Pelayanan Kini Berbasis Antrian Online

“Saya berharap kegiatan ini tidak dijadikan beban oleh mahasiswa melainkan dinikmati dan dimanfaatkan dengan baik karena pasti banyak ilmu dan pengamalan baru yang bisa didapatkan melalui kegiatan ini,” jelas A. Mujetahid.

Lebih lanjut Dekan Fakultas Kehutanan mengatakan bahwa kalian semua harus bangga sebagai mahasiswa Kehutanan Unhas karena Fakultas Kehutanan merupakan fakultas berhasil menempati posisi 301 pada QS World Ranking by Subject.