Pemkab Biak dapat bagian dana Otsus Papua Rp150 miliar

Biak – Kabupaten Biak Numfor, Papua memperoleh pembagian dana Otonomi Privat Papua (Otsus) tahun 2023 alami penambahan jadi Rp150 miliar.

“Buat peruntukan dana Otsus Kabupaten Biak Numfor tahun 2023 ada kenaikan dibandingkan 2022 sejumlah Rp125 miliar,” papar Kepala Tubuh Pengurus Keuangan Asset Wilayah (BPKAD) Gunadi dikontak di Biak, Senin.

Gunadi mengaku, dana Otsus Papua buat Kabupaten Biak Numfor telah diakomodasikan pada naskah APBD 2023.

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap mengucapkan, pembagian dana Otsus Papua sehabis ditransfer” langsung pemerintahan pusat ke kas wilayah Pemkab Biak Numfor berlangsung kenaikan tahun ini.

“Penambahan dana otsus bakal difungsikan untuk membayar program spesial orang asli Papua di bermacam daerah dan kawasan di 2023 di bidang pengajaran, kesehatan, infrastruktur dasar, pemanfaatan ekonomi warga, wanita anak, seni kebiasaan budaya dan program yang lain berkaitan kesejahteraan orang asli Papua,” papar” Herry Ario Naap dikontak di Biak, Senin.

Bupati Herry berharap, bantuan DPRD untuk realisasi program ide kerja pemda 2023 Pemkab Biak Numfor lewat document keputusan umum budget, basis fokus bujet sementara serta materi RAPBD 2023.

Apalagi pada tahun 2023, menurut Bupati Biak Numfor itu juga, Kabupaten Biak Numfor akan melangsungkan program nasional Sail Teluk Cenderawasih yang menyertakan empat kabupaten se-kawasan Saereri.

“Sail Teluk Cenderawasih 2023 udah diluncurkan dengan mengangkut kemampuan perikanan dan pariwisata yang bisa tarik lawatan pelancong ke Biak Numfor,” pungkasnya juga.

Baca Juga :  Unhas Career Expo Dipadati Pengunjung, 14 Perusahaan Buka Rekrutmen

Ia mengaku, dengan kekuatan perikanan Biak Numfor akan disenangi investor untuk menanam investasi buat buka kemungkinan kerja buat orang orang asli Papua di bermacam daerah serta daerah.

Bupati Herry membawa jejeran anggota DPRD Biak Numfor untuk mengawasi program pemerintahan buat menaikkan kesejahteraan orang bermacam daerah serta area/kecamatan di tempat.

“Silahkan kita tiada henti memberi bantuan penuh kepada beberapa program taktis pemerintahan dalam mempertingkat tingkat hidup ekonomi warga OAP bermacam daerah serta area,” kata” Bupati Herry.

Dari data pada 2023, dana Otsus Papua dipakai buat membuat sarana infrastruktur dasar, pengajaran, kesehatan, perikanan, pariwisata, koperasi UKM, kontribusi modal usaha, media prasarana keagamaan dan sarana layanan khalayak. (Ant)