Serentak, Tiga Ribu Pelaku Usaha Daftar Sertifikasi Halal Gratis pada 18 Maret 2023

Jakarta – Kampanye Mesti Sertifikasi Halal 2024 yang diadakan Tubuh Pengurus Agunan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama memperoleh sambutan dari beberapa aktor usaha. Sejumlah 3.000 eksekutor upaya mendaftar sertifikasi halal gratis (SEHATI) dengan cara langsung (on” the” spot) ketika kampanye yang berjalan di 18 Maret 2023.

“Alhamdulillah, ketertarikan eksekutor upaya cukuplah baik. Pada hari kampanye tempo hari, ada 3.000 eksekutor upaya yang mendaftar sertifikasi halal gratis produknya,” papar Kepala BPJPH M. Aqil Irham, di Jakarta, Minggu (19/3/2023).

Sementara ada beberapa ribu aktor usaha yang lain yang ada dalam kampanye bersama-sama yang diadakan di 1.000 titik se-Indonesia. “Mereka tidak dapat mendaftarkan lantaran masihlah ada prasyarat yang tidak dapat diperlengkapi, misalnya Nomor Induk Usaha (NIB),” tutur Aqil.

Menurut Aqil Kampanye Mesti Sertifikasi Halal 2024 sekalian jadi media pembelajaran untuk warga jika waktu ini register sertifikasi halal dilaksanakan terkonsentrasi di BPJPH. “Tempo hari juga banyak yang baru mengetahui kalau proses register sertifikasi halal dapat dijalankan dengan cara online lewat Metode Data Halal (SIHALAL),” ujar Aqil.

“Trik mendaftarnya dapat lewat terapan PUSAKA yang dapat di download di playstore atau appstore, atau dapat juga masuk langsung ptsp.halal.go.id,” tuturnya.

Berdasarkan data SIHALAL, tiga model produk yang terbanyak didaftarkan tempo hari yakni cemilan siap makan, bakeri, serta minuman dengan pemrosesan. (Red)

Baca Juga :  Diresmikan Presiden Joko Widodo, Kawasan Ekonomi Khusus Lido Serap Investasi dan Tingkatkan Daya Saing Pariwisata Nasional