Waspada, Penipuan Link SATUSEHAT via WhatsApp

portalwartawan.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terima laporan penipuan melalui nomor WhatsApp berisi link up-date SATUSEHAT Mobile. Nomor WhatsApp itu mengatasdirinya Kemenkes.

Alih-alih mengupdate terapan SATUSEHAT, link itu malahan merampas sandi atau data yang ada dalam smartphone pemakai. Didapati WhatsApp penipuan itu memanfaatkan nomor 6285961004844.

Kemenkes juga menghimbau warga untuk waspada apabila terima pesan dari nomor itu. Bahkan juga, bisa menjadi pengirim pesan penipuan itu gunakan banyak nomor.

Sebagai penangkalan, orang disuruh tidak buka link menyatakan SATUSEHAT dari nomor yang tak dikenali dan tidak terkonfirmasi cheklist hijau. Karena, secara prosedural Kemenkes sebelumnya tidak pernah kirim link up-date SATUSEHAT secara pribadi lewat WhatsApp.

Update SATUSEHAT Mobile diolah dengan automatic atau manual lewat Play Toko atau App Toko. Sementara, nomor WhatsApp Kemenkes yakni 0811 10 500 567 dengan cheklist hijau.

Aplikasi SATUSEHAT awalnya sempat mengenyam error. Hal demikian timbul karena problem login buat sejumlah pemakai yang tidak memperoleh OTP. Permasalahan itu timbul lantaran terdapatnya kenaikan akses atau trafik terapan secara bertepatan. Sekarang ini halangan berkaitan terapan SATUSEHAT berangsur normal dengan dikeluarkannya versus terkini (5.2.1).

Sementara itu, kalau terjadi masalah seterusnya, pemakai disuruh untuk mengemukakan keluh-kesahnya lewat WhatsApp 0811 10 500 567, e mail [email protected] atau direct message di sosial media SATUSEHAT Mobile, di Twitter @SATUSEHAT serta Instagram @satusehat_id. (NJ/red)

Baca Juga :  Ditargetkan Menjadi Destinasi Investasi Mencapai Rp62,1 Triliun di 2023, Kawasan Ekonomi Khusus Tingkatkan Peran Penting sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru di Daerah