Badan Bahasa dan Kemendikbudristek Selenggarakan Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional 2023

JAKARTA_portalwartawan.com ““ Selaku bentuk diseminasi bentuk perlindungan bahasa, Tubuh Peningkatan dan Pengajaran Bahasa (Tubuh Bahasa) bersama Kementerian Pengajaran, Kebudayaan, Penelitian dan Technologi (Kemendikbudristek) adakan Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional (FTBIN) 2023.

Mengusung obyek “œRevitalisasi Bahasa Wilayah untuk Pengajaran Multilingual dalam Payung Merdeka Belajar”, FTBIN 2023 yang diadakan mulai 12-16 Februari 2023 ini dituruti 215 peserta FTBI dipilih di 13 propinsi.

Kepala Tubuh Bahasa, E. Aminudin Aziz menuturkan kalau, keberhasilannya program revitalisasi bahasa wilayah (RBD) yang satu diantaranya direalisasikan lewat FTBIN, tidak terlepas dari bekerja sama penopang keperluan (stakeholder) untuk memberikan dukungan program sampai ke tingkat wilayah.

“œAntusias peserta di semua Indonesia sangat tinggi. Dilihat peserta yang turut capai 215 orang,” papar Aminudin, Senin, (13/02/23).

Menurut Aminudin, banyak peserta yang datang ditemani oleh beberapa guru bahasa wilayah, kepala sekolah, pengawas, atau karyawan dinas pengajaran kabupaten/kota/propinsi. Juga, juga banyak orang-tua yang atas ide dan ongkos sendiri ikut ada, sebab pengin melihat keramaian festival ini.

FTBIN diadakan jadi wujud animo ke peserta Revitalisasi Bahasa Wilayah (RBD) di 13 propinsi yang melakukan basis Merdeka Belajar Fragmen Ke-17: Revitalisasi Bahasa Wilayah (MB-17: RBD) di tahun 2022. Tidak hanya itu, pun dalam rencana peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional yang dirayakan tiap-tiap tanggal 21 Februari.

Melalui basis Merdeka Belajar ke-17, Revitalisasi Bahasa Wilayah, faksinya lagi menambah usaha perlindungan bahasa wilayah. Dari pelbagai usaha perlindungan bahasa wilayah, program RBD sebagai tahap vital sesudah usaha penskalaan bahasa, pengukur daya hidup atau vitalitas bahasa, serta usaha pelestarian bahasa.

Baca Juga :  Asuransi Sehat Gampang Gak Sih? Yuk Bikin Asuransi Kesehatan Lebih Mudah dengan 3 Langkah Sederhana!

Melalui tempat FTBI, animo dikasihkan ke praktisi bahasa wilayah secara bertahap, mulai dengan tingkat kecamatan sampai propinsi lantaran kontributor positifnya memberi dukungan program RBD selama setahun 2022.

“œKegiatan ini diharap sanggup tingkatkan keikutsertaan aktif warga bersama-sama pemda dalam melestarikan bahasa wilayahnya,” tuturnya.

Pada pucuk FTBIN, Menteri Pengajaran, Kebudayaan, Analisa, serta Tehnologi (Mendikbudristek) datang buka acara. Ikut ada Ketua dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Ketua DPD, Ketua Umum Dharma Wanita Indonesia; Pengurus Dharma Wanita Pusat, Dharma Wanita Kemendikbudristek serta Darma Wanita Tubuh Bahasa; beberapa Petinggi Eselon I serta II Kemendikbudristek.” (*)

· Pewarta : Angga/Ikhlas · Poto : Spesial · Penerbit : Dwito