Bisnis  

Boyolali Segera Miliki Pasar Ikan Bersih, Ini Lokasinya

Boyolali — Secepatnya, Kabupaten Boyolali akan punya pasar ikan, komplet secara bermacam kulineran serba ikan. Pasar Ikan Bersih Kabupaten Boyolali ini udah mulai tahapan pembangunan pada 26 April 2023 lalu, dengan menduduki bekas Lapangan Sunggingan atau pasnya di timur Pasar Sunggingan di Kecamatan Boyolali.

Kepala Dinas Peternakan serta Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali, Lusia Dyah Suciati menuturkan kalau pembangunan Pasar Ikan Bersih Kabupaten Boyolali diawali pada 26 April 2023 sampai 22 September 2023 kedepan. Dengan gunakan budget Rp 1,6 miliar yang dari bujet Kementerian Kelautan serta Perikanan Republik Indonesia, bangunan ini akan dibuat dua lantai.

“Dibikin pasar ikan fresh, kelak ada dua lantai. Lantai satu pasar ikan fresh stan pasar ikan fresh. Lantai dua kelak buat kulineran dengan bahan baku ikan pula,” kata Lusia, Selasa (16/5/2023), di area pembangunan Pasar Ikan Bersih Kabupaten Boyolali.

Dijelaskan, bangunan Pasar Ikan Bersih Kabupaten Boyolali ini diutamakan buat beberapa pedagang ikan yang masih belum miliki lapak. Dan, pedagang yang udah mempunyai lapak, dibolehkan di lapak masing-masing.

“Yang bakal tempati di sini diutamakan buat beberapa pedagang ikan yang berada di Pasar Sunggingan atau di Pasar Boyolali yang waktu ini belum peroleh lapak . Sehingga ini kelak pribadi buat pasar ikan dan kulinerannya pun memiliki bahan baku ikan,” susulnya.

Baca Juga :  Nggak Rugi Banget, Ini 5 Layanan Ads yang Mantap Buat Kamu Jadi Publisher!

Dengan menaiki sepeda motor kecintaan, Bupati Boyolali M Said Hidayat memantau beberapa pembangunan yang tengah dijalankan di Kabupaten Boyolali, antara lainnya pembangunan Pasar Ikan Bersih Kabupaten Boyolali. Orang nomor satu di Kabupaten Boyolali ini menilai atas didirikannya Pasar Ikan Bersih Kabupaten Boyolali.

“Dinas Peternakan serta Perikanan Kabupaten Boyolali dalam memberinya layanani dantentunya dari Kementerian pun atas perhatiannya terima kasih. Pun biar apakah yang dilakukan semacam ini, kita saksikan langsung beberapa tingkatan proses pembangunan,” terang Bupati Said -seperti dikutip web boyolali.go.id.

Sebagai tambahan info, Pasar Ikan Bersih Kabupaten Boyolali bakal berdiri 4.000 mtr. persegi yang hendak diperlengkapi bangunan pasar, tempat parkir, akses jalan serta pengaturan taman. Bangunan Pasar Ikan Bersih Kabupaten Boyolali akan berdiri selebar 600 mtr. persegi yang terdiri dari 2 lantai.

Lantai pertama digunakan sebagai area beli jual ikan dengan luas 300 mtr. persegi yang ditambahkan 14 meja pemasaran, satu stan ikan hias, lima kolam ikan, satu area pengurus, dua kamar mandi dan punya akses buat kelompok disabilitas.

Kemudian, buat lantai ke-2 dengan luas 300 mtr. persegi dimanfaatkan selaku media kulineran beberapa olahan ikan. Lantai ini diperlengkapi enam lapak olahan secara langsung, satu lapak produk paket ikan, masjid, ruang foodcourt, dua kamar mandi dan ada akses untuk golongan disabilitas.

Pasar Ikan Bersih Kabupaten Boyolali didambakan bisa jadi pusat beli jual ikan fresh dan kulineran ikan di Kabupaten Boyolali dengan kantong parkir yang lega untuk kendaraan beroda 2 atau beroda 4.