Cara membuat CV yang benar dan menarik

Langkah bikin CV yang bagus serta gampang disaksikan oleh HRD butuh langkah-langkah. Di bawah ini ialah beberapa panduan serta pedoman buat menolong Anda bikin CV yang mencolok dan simpel disaksikan oleh HRD.

  1. Format
    Gunakan pola yang bersih serta professional. Putuskan model huruf yang simpel dibaca serta ukuran font yang sesuai sama, hindarkan ukuran font yang kekecilan atau terlampau besar. Pakai spasi yang cukup di antara paragraf, tak boleh gunakan pola yang terlampau padat atau terlampau kendur.\
  2. Konten
    Buat CV yang berkaitan dengan posisi yang Anda lamar. Gak boleh menambah data yang tidak dibutuhkan, tapi pastikan jika CV Anda termasuk data yang diperlukan oleh HRD. Terangkan pengalaman kerja Anda, pendidikan, ketrampilan, dan prestasi terhebat Anda yang sama dengan posisi yang Anda lamar.
  3. Ringkas serta jelas
    Tuliskan pengalaman kerja serta pendidikan secara terang serta gampang dipahami. Gak boleh begitu panjang lebar atau berbelit, tapi juga tidak boleh terlampau singkat serta tidak terang. Tak boleh pakai bahasa yang terlampau resmi atau susah dipahami.
  4. Gunakan gaya bahasa yang betul
    Pastikan susunan bahasa Anda betul dan bebas dari kekeliruan pengucapan, tandanya baca, dan kekeliruan yang lain. Check CV Anda secara detail sebelumnya mengantarkan ke HRD.
  5. Gunakan kalimat aktif
    Gunakan kalimat aktif dalam CV Anda buat memperlihatkan perlakuan serta prestasi yang sudah Anda jangkau. Hindarkan pemakaian kalimat pasif yang memusingkan.
  6. Gunakan point-point buat pengalaman kerja
    Gunakan point-point untuk mengatakan pengalaman kerja Anda. Terangkan pekerjaan dan tanggung-jawab yang sudah Anda kerjakan, dan hasil yang udah Anda gapai sepanjang bekerja di perusahaan itu. Ini akan menolong HRD untuk memandang kapabilitas Anda dan keterkaitan pengalaman kerja Anda dengan posisi yang dilamar.
  7. Sertakan data kontak
    Pastikan untuk mengikutkan data contact yang lengkap dan jelas di CV Anda, termaksud nama komplet, alamat, nomor telpon, serta alamat e-mail. Masalah ini bakal meringankan HRD untuk mengabari Anda bila Anda diputuskan buat proses penyaringan.
  8. Review dan perbaharui
    Periksa kembali CV Anda dengan teratur serta perbaharui apabila dibutuhkan. Tak boleh takut untuk membikin peralihan dan mengganti pola CV Anda kalau Anda merasakan itu akan tingkatkan kapabilitas Anda untuk memperlihatkan diri di mata HRD.
Baca Juga :  Wapres Ma’ruf Amin : Unesa Menjadi Sport Science Center

Dengan meng ikuti panduan ini, Anda bisa membikin CV yang bagus serta ringan disaksikan oleh HRD. Yakini untuk menyelaraskan CV Anda dengan posisi yang Anda lamar, pakai pola yang professional, serta masukkan data contact yang lengkap serta jelas. Selamat mempraktekkan!