Indonesia Ekspor Makanan Siap Saji Jemaah Haji ke Saudi

Jakarta, portalwartawan.com – Makanan siap sajian asal dari Indonesia buat konsumsi jamaah haji dieksport ke Arab Saudi. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas turut melepaskan export pertama makanan siap suguhan yang telah dilakukan PT Halalan Thayyiban Indonesia (HATI) itu.

Prosesi pelepasan satu container produk makanan siap hidangan ini diikuti pengguntingan pita di Showroom MakanKu Jalan A. Yani No. 224, Gumpang Lor, Pabelan, Kartasura.

Hadir dalam pelepasan pertama export makanan siap suguhan, Komisaris Khusus PT Halalan Thayyiban Indonesia Puspo Wardoyo, Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Sekjen PBNU Syafullah Yusuf, Ketua BPKH Fadlun Imansyah, Kepala Baznas RI Noor Achmad, Direksi PT HATI Tbk Sugiri, serta perwakilan instansi yang lain.

Menag Yaqut berkata, pemerintahan lewat Kementerian Agama memberikan dukungan penuh cara export PT Halalan Thayyiban Indonesia ke Arab Saudi.

“œIni adalah inovasi penting, ingat sejauh ini konsumsi buat jemaat haji Indonesia bukan kita yang siapkan, namun Arab Saudi. Ini mesti kita support,” kata Menag dalam infonya, Minggu (16/04/2023).

Menurutnya, usaha yang telah dilakukan PT Halalan Thayyiban Indonesia sangatlah baik dalam menggerakkan produk makanan siap sajian Indonesia masuk ke dalam Arab Saudi. Cara ini ikut membikin ekosistem ekonomi perhajian yang banyak menyertakan peternak, petani, UMKM serta orang yang lain.

Menteri Yaqut menerangkan, dalam penyelenggaraan beribadah haji, Indonesia paling tidak keluarkan keseluruhan cost sejumlah Rp 18 triliun lebih yang sekian lama ini habis di Arab Saudi.

Baca Juga :  Jangan Terjebak! Inilah 3 Cara Menghindari Asuransi Palsu

“œSaya anggap PT Halalan Thayyiban Indonesia ini mengawali (supaya) dana haji yang beberapa habis di situ dapat balik ke Indonesia. Semoga ini makin mengalami perkembangan dan di ikuti oleh entrepreneur yang lain maka dana yang balik ke Indonesia dapat semakin banyak,” jelasnya.

PT Halalan Thayyiban Indonesia (HATI) adalah perusahaan yang berusaha di sektor industri makanan paket siap sajian yang bisa bertahan sampai 1 tahun pada temperatur ruang tanpa ada bahan pengawet yang diketahui “œMakanKu”. Halalan Thayyiban MakanKu membawa tagline Makanan Sehat Siap Hidangan Saat Saat ini.

HATI pula udah mendapat Purchase Order (PO) dari Mutowifs Pilgrims for South East Asian Countries Company (MPSEA) buat penuhi kepentingan makanan jemaat haji Indonesia. Perusahaan ini memperoleh order 1.275.000 jatah makanan paket siap sajian. (NJ/red)