Kemenag Gelar Perkemahan Wirakarya Nasional di Gorontalo Akhir Mei 2023

Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) akan menyelenggarakan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XVI Tahun 2023 pada 22-23 Mei 2023.

pada tahun ini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo dipilih jadi tuan-rumah perkemahan Pramuka Penegak serta Pandeka ini. Hal itu diutarakan Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani, di Jakarta.

“IAIN Sultan Amai Gorontalo dapat menjadi tuan-rumah pesta PWN 2023. Salah satunya arah PWN ini yaitu melaksanakan sinergitas dengan rakyat serta ikut pula dalam pekerjaan pembangunan penduduk lewat pekerjaan yang punya sifat bakti bungkusyarakatan,” kata Ali Ramdhani, Selasa (16/5/2023).

Ia meyampaikan, PWN PTK XVI Tahun 2023 sebagai aktivitas untuk Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega yang terkelompok dalam Gugusdepan di Universitas Perguruan Tinggi Keagamaan. Aktivitas PWN PTK XVI ini akan di ikuti perwakilan Perguruan Tinggi Keagamaan Se-Indonesia, Perguruan Tinggi Umum serta pelajar MAN yang berada pada Propinsi Gorontalo.

Ini sekalian jadi fasilitas untuk memperkuat semangat nasionalisme, patriotisme, serta kebersamaan antara sama-sama dalam frame Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan memprioritaskan semangat moderasi beragama.

“PWN jadi tempat pemanduan serta peningkatan Pramuka Penegak serta Pandega yang berpangkalan di PTK untuk mengaktualisasikan serta ekspresikan semua kekuatan yang dipunyai, menaikkan kemandirian maka dari itu sanggup mempersembahkan kreasi dan bakti riil di tengah warga sama dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Tri Bina Pramuka,” kata pria yang dekat dipanggil Kang Dani ini.

Baca Juga :  Tim FK Unhas Diundang sebagai Narasumber pada Simposium Internasional di Kyoto Jepang

Menurut Kang Dani, aktivitas akan digelar berbentuk perkemahan serta diisi beberapa kegiatan mendidik, produktif, inovatif, rekreatif serta inovatif yang menuju pada pembimbingan moral serta kerohanian. Perkemahan ini bakal menimpa kesamaptaan jasmani, wacana berkebangsaan, kebudayaan, ilmu dan pengetahuan dan technologi, persaudaraan, kerukunan, perhatian, serta kreasi, kenaikan keahlian, dan tindakan perhatian beberapa pramuka pada rakyat dan lingkungan.

“Aktivitas yang digelar dihidangkan pada suatu proses kesibukan yang memikat serta memiliki kandungan nilai pendidikan sesuai konsep dasar dan model Kepramukaan yang berikan faedah buat rakyat di tempat,” pungkasnya.

Bentuk aktivitas pada PWN PTK XVI Tahun 2023 terdiri jadi pekerjaan umum, kesibukan bakti fisik, bakti non fisik, peningkatan pandangan dan keahlian dan malam acara seni budaya nusantara,

Para peserta PWN akan diletakkan di home stay yang ada dalam empat kampung, yaitu Kampung Daenaa Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo, Kampung Pentadio Barat Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Dusun Titilihua Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo serta Dusun Botubarani Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango.

PWN PTK XVI Tahun 2023 membawa topik Menjaga Kemajemukan serta Perdamaian dalam Frame Moderasi Beragama dan sub topik Andil Pramuka dalam Pemantapan Moderasi Beragama buat Capai Sustainable Development Goals (SDG”¬ôs) dengan semboyan Berbakti buat Keanekaragaman serta Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan. (Red)