Menparekraf: Penginapan di Balige Penuh, Pariwisata Menggeliat, Ekonomi Bangkit

Balige – Menteri Pariwisata serta Ekonomi Inovatif/Kepala Tubuh Pariwisata serta Ekonomi Inovatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyurvei implementasi momen internasional F1PowerBoar Toba yang terjadi di Danau Toba, Sumatra Utara. Antara lainnya, Menparekraf menyurvei tempat public view F1PowerBoat Toba di Bukit Pahoda, Balige.

Sandiaga menilai ketertarikan serta andil orang dalam memberi dukungan kemajuan momen untuk pertamanya kali di Tanah Air ini.

“Semangat bangun desa halaman ini kita datangkan di Danau Toba lantaran sekarang ekonomi mengulet. Pariwisatanya bangun, lapangan pekerjaan terbuka, serta penduduk moga-moga sejahtera,” kuak Sandiaga, Sabtu (25/2/2023).

Salah satu bukti dari ketertarikan rakyat itu, lanjut Sandiaga, yakni semua pemondokan di Kota Balige berisi penuh. Dimulai dari hotel sampai homestay, bahkan juga rumah warga.

“Saya mengharap ini bisa jadi akselerasi kebangunan ekonomi kita maka obyek pembuatan lapangan pekerjaan sekitar 4,empat juta di 2024 dapat kita mewujudkan, utamanya di lokasi pariwisata super fokus Danau Toba,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba, Rosti Hutapea, menambah, warga seputar Balige menyongsong baik kedatangan pelancong yang mau saksikan F1PowerBoat. Selaku usaha menyongsong hadirnya banyak pelancong, Pemerintahan Kabupaten Toba sudah memastikan serta mensosialisasikan standard bea pondokan di sekeliling Balige sejumlah Rp 400 ribu.

“Kita telah publikasikan pada 1.000 pengurus pondokan, dan kita beri training berkaitan kepariwisataan dimulai dengan Januari tempo hari bekerja bersama dengan Kemenparekraf,” kata Rosti.

Baca Juga :  BLBI Pastikan Pengembalian Hak Tagih Negara dilakukan Secara Bertahap dan Terukur

Dalam pengkajian ini Sandiaga disertai oleh Direktur Industri Musik, Seni, Atraksi serta Penerbitan Kemenparekraf/Baparekraf, Mohammad Amin; serta Plt. Direktur Poltekpar Medan, Ngatemin. (Red)