Minuman Kesehatan “Ronfe” Anti Obesitas Inovasi Mahasiswa UKWMS

SURABAYA_portalwartawan.com ““ Produk minuman dengan bahan dasar kopi, sekarang semakin ramai. Akan tetapi, sedikit yang memakai green coffee jadi material dasar. Walau sebenarnya, green coffee mempunyai faedah buat memiara stamina badan dengan berperan sebagai anti-oksidan dan mempunyai pekerjaan anti adipositas yang bagus.

Green coffee sebagai biji kopi yang diraih tiada melintasi proses roasting (pemanggangan). Proses pemanggangan di kopi bisa turunkan kegiatan anti-oksidan maka dari itu, green coffee miliki kandungan senyawa aktif yang komplet dibanding kopi hitam (roasted coffee).

Andre Wijaya mahasiswa Fakultas Farmasi Kampus Katolik Widya Mandala Surabaya (FF UKWMS) berexperimen berbahan green coffee dalam sediaan granul effervescent berikut nama Rønfé.

“œGranul effervescent sebagai produk minuman kesehatan berwujud serbuk kasar atau granul yang dibuntel berbentuk sachet,” kata Andre, Sabtu, ()4/02/23).

Beberapa tahun akhir ini, lanjut Andre, perubahan industri minuman serta makanan terutamanya dari kopi udah berkembang cepat. Sebab itu, dirinya sendiri bereksperimen buat membentuk produk granul effervescent dengan bahan dasar green coffee tipe Robusta. Ditambahkan lagi green coffee miliki kandungan anti-oksidan dan anti kegemukan yang bagus.

Proses pembikinan dengan terlebih dulu diawali produksi green coffee sampai jadi serbuk lewat cara digiling serta dilanjut dengan proses ekstraksi sampai hasilkan konsentrat kering green coffee. Konsentrat kering green coffee yang dicapai setelah itu bisa dipakai untuk diformulasi jadi sediaan granul effervescent green coffee.

Baca Juga :  Meriahnya Job Fair & Student Expo Politeknik Bosowa, Jadi Ajang Kompensasi Mencari Loker

Pembuatan sediaan granul effervescent green coffee bisa dikerjakan berikut ini. Pertama kali asam sitrat, asam tartrat dan natrium bikarbonat digabung sampai sama rata, lalu dikeringkan.” Setelah itu, kombinasi itu dilembutkan dan di gabung dengan semuanya bahan tambahan lain secara berturutan konsentrat kering green coffee, larutan pengikat, dikempa sampai terjadi massa granul effervescent, diayak, serta dioven , sesudah itu diayak kembali serta sediaan granul effervescent siap untuk dikepak.

Untuk menikmatinya, granul effervescent dicampurkan di 250 mili liter air dingin untuk meningkatkan kesegaran, lantaran bersifat granul effervescent, maka dapat menciptakan gelembung gas karbondioksida hingga memberi kesan menarik dan memberi kesegaran.

Perlu dikenali , produk “˜Rønfé”™ sendiri sudah melalui beberapa penilaian kualitas sediaan ialah mencakup tes pembawaan alir, tes persentase air, test waktu terlarut, test pH (seusai dilarutkan), dan test kegiatan anti-oksidan.

“œProduk “˜Rønfé”™ miliki waktu jangka daya taruh sepanjang lebih kurang setahun di daerah yang kering dengan temperatur ruangan di bawah 30″°C,” tandas Andre. (*)

· Pewarta : Ikhlas W · Poto : Spesial · Penerbit : Dwito