Staf Menteri BUMN ajak pelaku UMKM milenial kembangkan produk unggulan

Denpasar – Staff Pribadi III Menteri BUMN area Komunikasi Masyarakat, Arya Sinulingga membawa aktor Upaya Micro, Kecil dan Menengah (UMKM) milenial di Rumah BUMN Denpasar, Bali, untuk tetap meningkatkan upaya serta produk teratasnya sebagai partner BUMN.

Hal itu diutarakan Arya di Denpasar, Bali, Minggu, pada lawatannya di Rumah BUMN yang dikendalikan oleh PLN UID Bali sesudah buka dengan cara resmi serangkaian acara pembukaan hari ulang tahun BUMN yang ke-25 di Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar.

Arya yang dikawal kelompok petinggi tinggi Bank BRI dan Bank Berdikari, dan Bursa Resiko Indonesia berpeluang berdialog dengan UMKM Milenial Binaan Rumah BUMN Denpasar dan Wiraswasta Muda Berdikari (WMM), dan Brilianpreneur.

“Rumah BUMN ini begitu menjanjikan buat meningkatkan produk UMKM . Maka, silakan dipakai buat meningkatkan produk serta upaya UMKM. Di sini bapak ibu dapat memperoleh training, peningkatan usaha dan pengiringan,” tutur Arya terhadap beberapa puluh person binaan PLN UID Bali.

Saat ini, lanjut Arya, sejumlah perusahaan BUMN terus beralih untuk sama-sama menggerakkan perubahan UMKM, satu diantaranya dengan gunakan beberapa produk dari UMKM.

Arya mengemukakan kalau Kementerian BUMN punya perhatian yang lebih kuat buat meningkatkan UMKM di Tanah Air.

“Saya udah berkeliling-keliling Indonesia lakukan perbincangan langsung dengan kawan-kawan pelaksana UMKM, dengerin rintangan yang dijumpai rekan-rekan semua. Kalau karakternya buat kebaikan bersama UMKM, Kementerian BUMN akan menolong,” kata Arya.

Baca Juga :  Pertamina Patra Niaga Sulawesi Raih 2 PROPER Emas sebagai Bukti Komitmen Pada Lingkungan

Sementara itu, General Eksekutif PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali I Wayan Udayana, dalam peluang yang serupa menuturkan jika sampai kini, Rumah BUMN yang bekerja mulai sejak 2017 itu udah memeluk 931 UMKM di Bali dari beragam definisi seperti food, mode, craft, perdagangan, industri, layanan dan seterusnya. Dari 931 UMKM, 910 UMKM sudah masuk di dalam pasar digital.

Udayana berkata Rumah BUMN Denpasar selainnya berperanan menjadi sentra peningkatan UMKM lewat pengajaran dan training, pula sebagai basecamp milenial dan co-working ruang banyak aktor UMKM milenial yang tertarik pada dunia enterpreneur untuk tempat share pengetahuan.

Pada 2022, Rumah BUMN Denpasar udah menyelenggarakan 21 kelas workshop, 43 sesion coaching clinic serta 37 keikutsertaan dalam tempat lokal, nasional dan internasional.

“UMKM di Bali begitu gairah dalam ikuti sejumlah kegiatan serta training yang ditunaikan di Rumah BUMN Denpasar. BUMN lewat Rumah BUMN ada di tengahnya UMKM lakukan pengiringan sebab peranan UMKM begitu besar dalam membuat ekonomi di Bali,” katanya.

Kegiatan talkshow enterpreneur milenial BUMN didatangi oleh 70 eksekutor UMKM milenial. Mereka lantas amat gairah mengeduk banyak data dari stafsus Menteri BUMN Arya Sinulingga dengan ajukan beberapa pertanyaan dalam sesion dialog. (Ant)