Wamenkeu Sampaikan Perkembangan Pemeriksaan Pegawai DJP

Jakarta” – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengemukakan perubahan sambungan dari kontrol karyawan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) inisial RAT. Pemunduran diri RAT menjadi Aparat Sipil Negara (ASN) ditampik oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Karyawan yang tengah dalam proses pengecekan tidak bisa memundurkan diri. Karenanya, pengajuan pemunduran diri Saudara RAT ditampik,” kata Wamenkeu dalam Diskusi Reporter Kerjasama Kemenkeu dan KPK dalam Pemantauan Kepegawaian di Jakarta pada Rabu (01/03).

Wamenkeu mengatakan sehabis RAT dicabut dari kedudukannya, Kemenkeu sudah terima surat pemunduran diri RAT dari ASN tertanggal 24 Februari 2023 yang diterima lewat DJP di tanggal 27 Februari 2023. Berkaitan perihal itu, pemunduran diri RAT ditampik lantaran tengah pada proses penelusuran.

Terkait harta kekayaan yang keluar di kabar berita tempat, Inspektorat Jenderal Kemenkeu udah minta RAT untuk membuktikan bukti pemilikan supaya dijamin pemilik serta status kendaraan motor itu.

“œMobil Rubicon, Land Cruiser, motor Harley Davidson, motor Yamaha, dan motor BMW putih dianggap Saudara RAT selaku bukan punya ia, akan tetapi adalah punya faksi lain. Rubicon dianggap selaku punya kakaknya. Sementara yang lain ada yang dianggap jadi punya dari anak menantunya,” tutur Wamenkeu.

Lebih lanjut, Inspektorat Jenderal bersama Komisi Penghilangan Korupsi (KPK) sedang mengerjakan penyelaman selanjutnya harta yang disampaikan di Laporan Harta Kekayaan Pengurus Negara (LHKPN), perkiraan pemilikan harta yang sebelumnya diadukan, keserasian profile dengan SPT Pajak, tergolong pernyataan atas harta lain berwujud property, kendaraan, dan tas modern.

Baca Juga :  Pemerintah Dorong Kebijakan Satu Peta sebagai Masterplan Pembangunan Nasional

“œSekali kembali saya peringatkan kalau Saudara RAT sekarang masih dengan status menjadi ASN maka saat ini masih terlilit dengan semua ketentuan perundang-undangan yang mengontrol asas serta tabiat ASN, terutamanya ASN Kementerian Keuangan,” kata Wamenkeu.

Dalam peluang itu, Wamenkeu memberikan animo pada penduduk dan medium yang selalu memberi saran dan masukan bernilai terhadap Kementerian Keuangan.

“œKarena ini yakni kita ketahui jadi sisi dari buat membetulkan lembaga Kementerian Keuangan yang kita kasihi ini. Kementerian Keuangan ialah lembaga yang mengawasi keuangan negara dan lantaran itu mesti diatur secara proper dan tabiat pegawainya lantas mesti baik,” kata Wamenkeu. (Red)