5 Wisata Menarik di Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

Selamat datang di Wonosobo, sebuah kota kecil yang terletak di lereng Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, Jawa Tengah. Meskipun ukurannya kecil, Wonosobo memiliki banyak pesona alam dan keindahan alam yang menarik untuk dijelajahi. Jika Anda berencana untuk mengunjungi Wonosobo, berikut adalah lima wisata menarik yang wajib Anda kunjungi.

1. Dieng Plateau

Dieng Plateau adalah salah satu tempat paling terkenal di Wonosobo. Terletak di dataran tinggi Dieng, tempat ini menawarkan pemandangan alam yang memukau. Anda akan disuguhi dengan pesona danau-danau kecil, lereng hijau yang terhampar luas, serta formasi batu-batu vulkanik yang unik. Selain itu, Dieng Plateau juga memiliki banyak situs bersejarah seperti Candi Arjuna dan Candi Gatotkaca yang menarik untuk dijelajahi.
Lokasi: Dieng, Wonosobo.
Harga tiket masuk: Rp 30.000 (hari biasa) dan Rp 40.000 (akhir pekan).

2. Telaga Warna

Siapkan diri Anda untuk terpesona dengan keindahan Telaga Warna. Seperti namanya, danau ini memiliki air yang berwarna-warni karena efek cahaya yang memantul pada permukaannya. Pemandangan di sekitar danau juga sangat menakjubkan dengan hamparan perbukitan hijau yang memukau. Anda dapat menikmati pemandangan ini dari atas tebing di sekitar danau.
Lokasi: Dieng, Wonosobo.
Harga tiket masuk: Rp 30.000.

3. Air Terjun Sikarim

Jika Anda menyukai petualangan dan trekking, maka Air Terjun Sikarim adalah tempat yang tepat untuk Anda kunjungi. Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus melewati jalur trekking yang menantang namun sepadan dengan pemandangan yang menakjubkan. Air Terjun Sikarim memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan kolam alami yang mengundang untuk berenang.
Lokasi: Desa Sipandu, Kecamatan Garung, Wonosobo.
Harga tiket masuk: Rp 5.000.

Baca Juga :  Asyik, Liburan Seru Dapat Hadiah Hanya di Mercure Makassar Nexa Pettarani

4. Curug Lawe

Curug Lawe adalah destinasi lain yang cocok bagi Anda yang menyukai alam dan petualangan. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 100 meter dan dikelilingi oleh hutan yang rimbun. Trekking menuju Curug Lawe cukup menantang, tetapi pemandangan yang menunggu di akhir perjalanan membuat segala usaha terbayar lunas. Jika Anda mencari tempat untuk bersantai, Anda bisa duduk di bawah air terjun sambil menikmati semilir angin dan suara gemericik air.
Lokasi: Desa Sengkuyung, Kecamatan Kertek, Wonosobo.
Harga tiket masuk: Rp 5.000.

5. Candi Asu

Jika Anda tertarik dengan sejarah dan budaya, maka Candi Asu adalah tempat yang harus Anda kunjungi. Candi ini merupakan peninggalan sejarah dari abad ke-8 dan menjadi bukti kejayaan kerajaan masa lampau. Meskipun hanya tersisa beberapa bangunan, Candi Asu masih memancarkan keindahan dan keagungan. Anda dapat mengunjungi candi ini sambil menikmati pemandangan indah di sekitarnya.
Lokasi: Desa Curugsewu, Kecamatan Selomerto, Wonosobo.
Harga tiket masuk: Rp 5.000.

Kesimpulan

Wonosobo adalah surga bagi pecinta alam dan petualangan. Dari pesona Dieng Plateau yang menakjubkan hingga keindahan Telaga Warna yang mempesona, Wonosobo memiliki banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi. Jangan lupa untuk mempersiapkan fisik dan membawa perlengkapan yang cukup saat menjelajahi tempat-tempat ini. Selamat menikmati keindahan alam Wonosobo!