Bisnis  

50 Tahun Hubungan Indonesia-Korea, Pemkot Solo dan Hyundai Bikin Mobil Iistrik Bermotif Batik

Solo — Hyundai, perusahaan otomotif asal Korea Selatan (Korsel) dapat memperlihatkan unit pribadi arketipe Hyundai Ioniq 5 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2023.

Mobil yang ditampilkan itu berbentuk mobil dengan kreasi batik unik Solo. Kerjasama itu hasil bermitra Pemerintah kota Solo dengan Hyundai dalam rencana peringati 50 Tahun interaksi Indonesia-Korsel.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tinjau design Hyundai Ioniq 5 dengan konsep batik Solo di Korsel atas undangan Hyundai serta KBRI di Korea.

“KBRI Seoul, Hyundai, dan Pemerintah kota Solo mengerjakan kerja-sama industri inovatif dan industri otomotif dalam rencana perayaan 50 tahun pertalian diplomatik Indonesia dan Korsel. Sinergi itu merupakan Batik of Ionic 5,” kata Duta Besar RI buat Korea Selatan Gandi Sulistiyanto dalam dalam kongres reporter virtual, Rabu (7/6).

Dia mengatakan, batik amat popular di tiap angkatan di Indonesia dan dianggap UNESCO menjadi Peninggalan Kemanusiaan buat Budaya Lisan serta Non-Bendawi sejak mulai 2009.

Selain itu, batik dikenali produk kain tradisionil Indonesia. Beberapa orang mengenali batik dari Kota Solo.

“KBRI Seoul, Hyundai, dan Pemerintah kota akan memperkenalkan batik berbentuk yang baru . Maka kita rajut kerja sama,” katanya.

Ia menyampaikan batik diketahui Indonesia. Sementara itu Korea Selatan diketahui paling depan dengan industri otomotifnya terutama kendaraan listrik.

KBRI Seoul, katanya, beri fasilitas industri inovatif Indonesia bersinergi dengan industri otomotif Korsel lewat lahirnya bentuk batik buat produk Hyundai. Karena itu, KBRI Seoul pilih batik Solo buat Hyundai Ioniq 5.

Baca Juga :  Bukit Baruga hadir di Pameran REI-Panin dengan Promo Spesial Untuk Konsumen

“Prototype Hyundai Ioniq 5 dengan corak batik Solo bakal dipertunjukkan di pameran mobil di Jakarta dalam saat dekat,” tutur ia.

Ia mengatakan mobil bakal dibuat dengan cara terbatas. Tetapi, Hyundai akan memperhitungkan untuk membuat umum.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengucapkan kerja sama ini sisi dari usaha bawa batik Solo lebih populer di ajang internasional.

“Buat rancangan mobil Hyundai Ioniq 5 tidak dapat kami terangkan. Kita nanti Agustus saja (pameran GIIAS) Agustus,” kata Gibran lewat pesan singkat whatsapp.