Antisipasi El Nino, Pemprov Jateng Siapkan Cadangan Pangan dan Pengendalian Harga

portalwartawan.com — Pemerintahan Propinsi (Pemerintah provinsi) Jawa tengah menyediakan cadangan pangan pemerintahan (CPP) buat hadapi El Nino. Beberapa ratus ton beras disediakan, berikut sistem pergerakan pangan murah dan layanani distribusi supaya harga dapat dijangkau orang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Jawa tengah Dyah Lukisari mengucapkan, faksinya udah menyiapkan scenario manfaat mengontrol sediaan pangan. Dia menyebutkan CPP berwujud beras yang dipunyai Pemerintah provinsi Jawa tengah sekitar 200 ton beras.

Selain CPP yang terkuasai pemerintahan, faksinya mengerjakan pemasokan gabah yang dikasih ke banyak golongan di berapa area. “Idenya akan dibagi ke 770 kumpulan di mana setiap group peroleh 2,2 ton gabah,” kata Dyah, Rabu (5/7/2023) -seperti diberitakan website jatengprov.go.id.

Selain beras, faksinya pun siapkan beberapa ribu kemas makanan bahannya lokal. Sampai akhir Juni 2023, masih tetap ada 5000 buntel mie dengan bahan mocaf (tepung singkong).

“Terus bagaimanakah apabila harga pangan membumbung karena keinginan bertambah, kami mengakali dengan pergerakan pangan murah dan memecut saranai distribusi buat menangani naiknya harga,” ujarnya.

Dyah menyebutkan, cadangan pangan pemerintahan bakal dialirkan ke lokasi yang butuh, dengan rasio fokus. Kerja sama pula dikerjakan menggamit Tubuh Kepentingan Logisitik (Bulog), yang punya beberapa ribu cadangan beras buat tiap-tiap kabupaten/kota di Jawa tengah.

Edukasi lantas dilaksanakan, dengan mempropagandakan setop pemborosan makanan. Mulai dengan tingkat sekolah sampai masyarakat umum.

Baca Juga :  Mendag Kunjungi Pasar Rawamangun, Jakarta

“Kecuali mempercayakan CPP Propinsi Jawa tengah, ada pula cadangan Bulog yang punya sediaan per kabupaten kira-kira 100 ton atau 3.500″ ton,” tandas Dyah.