Bisnis  

Asyik, Penumpang Bisa Beli Beragam Produk UMKM di Dalam Kereta Api

Klaten — Bentuk fakta bantuan kepada pembangunan ekonomi masyarakat, PT KAI Daop 6 Yogyakarta mengadakan UMKM Fest on Train 2023. Beberapa produk UMKM binaan KAI ikut ditawarkan di kereta makan/restaurant kereta api mulai di tanggal 17-21 Mei 2023. Hal ini pun dalam rencana Hari Kebangunan Nasional.

“KAI terus memajukan bagian usaha micro, kecil, dan menengah (UMKM) lewat bermacam pekerjaan promo yang bisa buka obyek pasar anyar,” kata Eksekutif Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo, dalam pertemuan jurnalis, Kamis (18/5) siang.

Dijelaskan, UMKM Fest on Train 2023, satu diantara usaha dalam pasarkan produk UMKM binaan supaya” mencapai bidang pasar yang makin luas buat mempertingkat ekonomi.

“UMKM Fest on Train 2023 adalah salah satunya usaha yang KAI kerjakan dalam pasarkan produk UMKM binaan untuk mencapai pasar yang bertambah luas,” terangnya.

Produk-produk yang ditawarkan dalam UMKM Fest on Train 2023 sebagai olahan snack yang digandrungi warga, seperti odeng, ciomy, tekwan, makaroni, basreng, seroja peyek, dan slondok serta puyur. Beberapa produk ini siap di bermacam kereta api serta beberapa jalur.

“UMKM Fest on Train dilakukan di banyak KA, Antara lainnya KA pemberangkatan awal mula Daop 6, adalah KA Lodaya rekan Stasiun Solo Balapan-Bandung serta KA yang melalui area Daop 6 ialah KA Argo Wilis rekanan Stasiun Bandung-Surabaya Gubeng” Tukasnya.

Baca Juga :  Rekrutmen Bersama BUMN, Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja

Franoto menjelaskan, karena ada UMKM Fest on Train 2023, pelanggan mempunyai opsi makanan yang tambah lebih banyak, dari sisi santapan-sajian yang lain yang sudah disajikan oleh KAI Serviss.

“Ini pun makin memperingan penduduk membeli produk UMKM ataupun santapan makanan, tanpa beli di stasiun. Pasalnya sekarang perjalanan kereta api bertambah padat,” tukasnya.

Saat ini, lanjut Franoto, Daop 6 Yogyakarta, melaksanakan bermacam support marketing untuk UMKM binaan berbentuk penyiapan Teras UMK di stasiun. Terkecuali itu KAI memberi sarana kursus buat pelaksana upaya sampai mendapati sertifikasi UMK.

“Di tahun 2023 ini, disamping memberi pendanaan modal usaha, KAI pun beri fasilitas training serta sertifikasi untuk UMK binaannya,” tuturnya.

Hadirnya UMKM Fest on Train dapat menolong beberapa aktor upaya memperkenalkan produk favorit. “Lewat kehadiran UMKM Fest on Train 2023, diinginkan KAI ikut berperan pada bangunnya ekonomi UMKM, dengan mengenalkan produk UMKM binaan KAI terhadap pasar yang makin luas,” tuturnya.