Bandara Kertajati Digunakan untuk Pemberangkatan Haji Tahun ini

Majalengka, portalwartawan.com – Lapangan terbang Kertajati (KJT), Jawa Barat dapat dipakai buat pemberangkatan serta pemulangan jamaat haji tahun ini. Keputusan itu dipertegas Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam seusai terima surat electronic dari faksi General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi.

“œAlhamdulillah, sehabis lewat proses komunikasi mendalam, Lapangan terbang Kertajati dijamin dapat dipakai awal tahun ini untuk pemberangkatan dan pemulangan jemaat haji,” jelas Nasrullah Jasam di Jeddah, Rabu (01/03/2013).

Nasrullah, panggilan akrabnya, menuturkan, GACA Saudi sudah memberi verifikasi mengenai kesepakatan pemakaian Lapangan terbang Kertajati. Selanjutnya, lapangan terbang anyar ini bakal menjalankan kira-kira 21-23 penerbangan.

“œGACA memperbolehkan kira-kira 7.000 hingga 8.000 jamaat haji pergi dari serta pulang lewat Lapangan terbang Kertajati pada musim haji tahun ini. Mereka akan terdiri dari 21 hingga sampai 23 penerbangan,” tuturnya.

Terkait perihal ini, sambungnya, GACA sudah mengantarkan surat berkaitan ini terhadap Kementerian Haji serta Umrah Saudi per 1 Maret 2023.

Bandara Kertajati bakal dipakai untuk pemberangkatan serta pemulangan beberapa jemaat haji asal Jawa Barat. Paket jamaat haji Propinsi Jawa Barat sejumlah 38.723 orang. Dari jumlahnya itu, kira-kira 7.000-8.000 salah satunya, memungkinkannya untuk pergi lewat Lapangan terbang Kertajati pada musim haji tahun ini.

“œKami dapat koordinasikan dengan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah berkaitan pemanfaatan Lapangan terbang Kertajati, termaksud penetapan jamaah asal kabupatan/kota mana yang hendak memakainya,” sebutkan Nasrullah.

Baca Juga :  Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Luncurkan UMK Academy 2024 untuk Mendukung Pengembangan UMK di Sulawesi

Persiapan pun dikerjakan berkaitan lelang penyiapan penerbangan jamaah haji 2023.” (NJ/red)