BPJS Kesehatan Resmikan Posko Mudik untuk Layanan Kesehatan Selama Perjalanan Mudik

Portal Wartawan, MAKASSAR – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah meresmikan Posko Mudik di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, sebagai bagian dari tujuh posko yang tersebar di seluruh Indonesia, Jumat (5/4/2024) pagi.

Posko ini akan beroperasi mulai tanggal 5-9 April 2024 untuk fase mudik pertama, serta kembali beroperasi pada tanggal 15 untuk fase arus balik.

Direktur SDM & Umum BPJS Kesehatan, Andi Afdal, menjelaskan bahwa Posko Mudik BPJS Kesehatan ini disediakan khusus untuk masyarakat yang melakukan perjalanan mudik, terutama bagi peserta BPJS Kesehatan.

“Hampir seluruh penduduk Indonesia atau sekitar 96 persen lebih sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, kami yakin bahwa hampir semua yang datang adalah peserta BPJS Kesehatan yang perlu kami pantau kesehatannya,” ujar Afdal.

Menanggapi data dari Kementerian Perhubungan yang memperkirakan jumlah pemudik pada Lebaran tahun 2024 mencapai 193 juta jiwa, Afdal menyebut bahwa BPJS Kesehatan berupaya membantu kelancaran arus mudik dan balik dengan menyediakan Posko Mudik di titik-titik padat pemudik.

“Kadang-kadang pada saat mudik, kondisi pemudik bisa baik atau kelelahan, maka kami sediakan Posko Mudik agar mereka dapat istirahat sejenak dan berkonsultasi jika diperlukan,” tambahnya.

Posko Mudik BPJS Kesehatan menyediakan berbagai fasilitas, termasuk pemeriksaan kesehatan, pijat gratis menggunakan kursi pijat, dan obat-obatan jika diperlukan. Posko ini beroperasi 24 jam dengan enam dokter dan perawat yang bergantian.

Baca Juga :  Waspada, Penipuan Link SATUSEHAT via WhatsApp

“Jika pasien membutuhkan perawatan lebih lanjut, kami dapat merujuknya dengan ambulance yang standby untuk mengantar ke rumah sakit terdekat,” jelas Afdal.

“Harapannya, posko ini dapat membantu para pemudik dalam menjaga kesehatan mereka. Tim kami juga ikut memberikan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kesehatan selama mudik,” tutupnya.