Cara Bikin Bolu Kemojo Suka-suka, Resep Rahasia untuk Bolu yang Lembut dan Makin Enak!

Cara Bikin Bolu Kemojo

Halo semua! Pernahkah kamu mencoba bolu kemojo? Bolu kemojo adalah salah satu jenis bolu yang memiliki cita rasa unik dan spesial. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat bolu kemojo yang lezat dan berbeda dari bolu biasa. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan:

– 4 butir telur
– 200 gram gula pasir
– 250 gram terigu
– 1 sendok teh baking powder
– 100 ml minyak goreng
– 100 ml air es
– Pasta pandan secukupnya
– Pasta cokelat secukupnya
– Vanila secukupnya

Langkah-langkah:

1. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Pastikan semua bahan dalam keadaan segar dan terukur dengan baik.

2. Pisahkan putih telur dan kuning telur dalam mangkuk yang berbeda. Pastikan tidak ada sedikit pun kuning telur yang bercampur dengan putih telur.

3. Kocok putih telur hingga berbusa menggunakan mixer dengan kecepatan sedang. Setelah berbusa, tambahkan setengah dari gula pasir secara bertahap sambil terus dikocok hingga mengembang dan berjejak.

4. Setelah putih telur mengembang, kocok kuning telur dengan sisa gula pasir hingga mengental dan berwarna kuning pucat.

5. Campurkan kuning telur yang telah dikocok dengan putih telur yang telah mengembang secara perlahan. Aduk rata menggunakan spatula dengan gerakan memutar dari bawah ke atas. Pastikan tidak ada bagian yang tidak tercampur rata.

Baca Juga :  Resep Enak dan Cepat Memasak Liang Teh

6. Ayak terigu dan baking powder ke dalam adonan telur secara bertahap. Aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.

7. Setelah adonan terigu tercampur rata, bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu bagian tetap menjadi adonan dasar, sedangkan dua bagian lainnya diberi pasta pandan dan pasta cokelat masing-masing. Aduk rata hingga warna pasta tercampur merata.

8. Siapkan loyang bulat dengan diameter 20 cm yang telah diolesi margarin dan ditaburi tepung terigu secukupnya. Tujuannya adalah agar bolu tidak lengket dan mudah dikeluarkan dari loyang setelah matang.

9. Tuangkan satu sendok sayur adonan dasar ke dalam loyang. Ratakan permukaannya dengan spatula. Kemudian, tuang adonan pandan di atasnya dan ratakan kembali. Terakhir, tuang adonan cokelat dan ratakan permukaannya.

10. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius. Panggang bolu dengan suhu tersebut selama 30-40 menit atau sampai permukaan bolu berwarna kecokelatan dan jika ditekan, kue sudah kembali mengembang.

11. Setelah matang, keluarkan bolu dari oven dan biarkan dingin di dalam loyang selama beberapa menit. Kemudian, lepaskan dari loyang dan letakkan di atas rak pendingin hingga benar-benar dingin.

12. Bolu kemojo siap disajikan! Kamu bisa menghidangkan dengan secangkir teh hangat atau kopi sebagai teman santai di akhir pekan.

Penutup

Ternyata membuat bolu kemojo tidak terlalu sulit, bukan? Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan, kamu bisa mencoba membuat bolu ini di rumah. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut pasti akan membuat siapa pun yang mencicipinya ketagihan.

Baca Juga :  Festival Jajanan Bango akan Hadir di Makassar, Lestarikan Kekayaan Kuliner Nusantara

Selamat mencoba membuat bolu kemojo di rumah, dan jangan lupa untuk membagikan resep ini kepada teman-temanmu. Selamat menikmati bolu kemojo yang spesial dan semoga berhasil!