Cara Memperbaiki Spam Score Domain Yang Tinggi

Spam score pada domain adalah faktor yang penting dalam menentukan reputasi dan kredibilitas sebuah situs web. Spam score adalah peringkat atau nilai yang diberikan oleh algoritma atau sistem keamanan untuk menunjukkan sejauh mana sebuah domain dapat dikaitkan dengan praktik spam atau konten yang tidak diinginkan. Jika domain Anda memiliki spam score yang tinggi, ini dapat berdampak negatif pada peringkat pencarian dan reputasi online Anda. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki spam score pada domain Anda. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa cara efektif untuk memperbaiki spam score pada domain Anda.

1. Periksa dan Bersihkan Konten Spam atau Berbahaya

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap konten di situs web Anda. Cari tahu apakah ada konten spam, backlink yang meragukan, atau tautan yang tidak diinginkan yang terhubung ke domain Anda. Jika Anda menemukan konten semacam itu, segera hapus atau nonaktifkan. Pastikan konten yang tersisa di situs web Anda relevan, berkualitas, dan mematuhi pedoman etika SEO.

2. Perbarui Sistem dan Plugin dengan Teratur

Jika Anda menggunakan platform CMS (Content Management System) seperti WordPress, pastikan untuk selalu memperbarui sistem dan plugin Anda dengan versi terbaru. Pembaruan sistem dan plugin mengatasi kerentanan keamanan yang diketahui dan meningkatkan perlindungan terhadap spam. Selain itu, hapus atau nonaktifkan plugin yang tidak aktif atau tidak digunakan lagi, karena ini dapat menjadi sumber masalah keamanan potensial.

Baca Juga :  Duel WordPress vs. Blogger, Siapa yang Lebih Oke buat Kita?

3. Tingkatkan Keamanan dan Proteksi Domain

Mengamankan domain Anda adalah langkah penting dalam memperbaiki spam score. Pertimbangkan untuk mengaktifkan sertifikat SSL pada situs web Anda agar mengadopsi protokol HTTPS yang aman. Selain itu, terapkan langkah-langkah perlindungan tambahan seperti menggunakan firewall, membatasi akses yang tidak perlu, dan mengaktifkan verifikasi dua faktor (2FA) untuk akun hosting dan administratif.

4. Pantau Backlink dan Aktivitas Pengguna

Pantau secara teratur backlink yang terhubung ke domain Anda dan pastikan mereka berasal dari sumber yang sah dan relevan. Jika Anda menemukan backlink yang meragukan atau spam, segera ajukan permintaan penghapusan atau menggunakan alat penolakan backlink. Selain itu, pantau aktivitas pengguna seperti komentar atau formulir kontak yang masuk. Gunakan captcha atau tindakan verifikasi lainnya untuk mencegah serangan spam.

 

Memperbaiki spam score pada domain Anda membutuhkan waktu dan upaya, tetapi langkah-langkah yang diambil akan membantu meningkatkan reputasi dan kredibilitas situs web Anda. Bersihkan konten spam atau berbahaya, perbarui sistem dan plugin secara teratur, tingkatkan keamanan domain, dan pantau backlink serta aktivitas pengguna.