Dosen Ilmu Perpustakaan UIN Makassar Hadiri Pertemuan Anggota ASDIP-PTKI di Banda Aceh

Portal Wartawan – Dosen Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Alauddin Makassar hadiri pertemuan Asosiasi Dosen Ilmu Perpustakaan – Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (ASDIP-PTKI), Sabtu 18 Mei 2024.

Kegiatan ini berlangsung di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen-dosen ilmu perpustakaan dari berbagai perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri di seluruh Indonesia.

Pertemuan ini membahas berbagai isu strategis, salah satu topik utamanya adalah persiapan untuk konferensi ASDIP yang akan dilaksanakan di Mataram pada September 2024 mendatang.

Selain itu peserta juga mendiskusikan berbagai hal penting yang akan dibahas pada konferensi mendatang, diantaranya:

1. Pengembangan kurikulum berbasis digital
2. Kerjasama penelitian antara PTKIN
3. Peningkatan kompetensi dosen
4. Strategi peningkatan akreditasi prodi

Dosen Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar sekaligus peserta pada kegiatan tersebut, Saenal Abidin S IP M Hum menjelaskan bahwa perubahan nomenklatur dari ilmu perpustakaan menjadi Perpustakaan dan Sains Informasi sangat penting untuk dibahas,

“Karena mencerminkan perkembangan dan perluasan cakupan bidang ini dalam era digital, oleh karena itu penyesuaian kurikulum harus menjadi langkah krusial yang diambil untuk memastikan kompetensi,” ungkapnya.

Selanjutnya, ia juga menambahkan bahwa dengan kurikulum yang sesuai dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan relevan serta siap menghadapi tantangan di dunia kerja yang terus berubah,

“Dengan mengintegrasikan elemen sains informasi, kita dapat memberikan pendidikan lebih komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan industri saat ini,” tutupnya.

Baca Juga :  Universitas Indonesia, Melangkah Menuju Masa Depan