Duta Besar Uni Eropa Beri Kuliah Umum Terkait Kebijakan dan Kerjasama dengan Indonesia

#image_title

Portal Wartawan, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin menyelenggarakan kuliah umum dengan menghadirkan H.E. Mr. Denis Chaibi (Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam) sebagai narasumber. Kegiatan berlangsung mulai pukul 13.30 Wita di Ruang Senat, Lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Senin (27/11).

Kegiatan resmi dibuka Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D,. Sp.BM(K). Dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui pelaksanaan kuliah umum ini merupakan langkah nyata dalam memperkuat kolaborasi antara Uni Eropa dan Indonesia, serta menjadi kesempatan berharga bagi mahasiswa, dosen, dan seluruh komunitas akademis Unhas untuk memperdalam pemahaman tentang kebijakan Uni Eropa dan kerjasama bilateral yang erat.

“Dengan kehormatan dan antusiasme yang tinggi, kami menyambut kehadiran H.E. Mr. Denis Chaibi, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Kami yakin bahwa paparan yang disampaikan memberikan wawasan yang sangat berharga bagi perkembangan positif dalam hubungan internasional,? jelas Prof. Ruslin.

Setelah pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh H.E. Mr. Denis Chaibi., yang berfokus pada ?”European Union Policies and Cooperation with Indonesia.” Menjelaskan sejumlah topik penting, termasuk penjelasan mendalam mengenai Uni Eropa, peran Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, serta hubungan erat antara Uni Eropa dan Indonesia melalui Agreement (PCA).

Presentasi H.E. Mr. Denis Chaibi mencakup pemahaman mendalam terhadap kebijakan-kebijakan utama yang memandu tindakan eksternal Uni Eropa, seperti Indo-Pacific Strategy, Global Gateway, Global Health Strategy, Youth Action Plan, European Green Deal, serta program beasiswa dan dana penelitian.

Baca Juga :  Keren dan Berguna! 2 Ide Kreatif Pemanfaatan Besi Tua

Tidak hanya itu, Chaibi juga menyentuh sejumlah isu krusial, termasuk dukungan Uni Eropa terhadap Rumah Sakit Pendidikan Universitas (University Teaching Hospitals) dan hubungan perdagangan antara Uni Eropa dan Indonesia.

Acara ini bukan hanya sekadar pertemuan, melainkan menjadi forum yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa, akademisi, dan stakeholders terkait yang ingin mendalami peran Uni Eropa dalam kerja sama global, khususnya dengan Indonesia.

Suasana interaktif memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi langsung dengan Duta Besar Chaibi, memberikan dimensi interaktif yang mendalam dan memperkaya pemahaman tentang kerjasama antarnegara serta strategi Uni Eropa di kawasan Indo-Pasifik.

Kehadiran eksklusif Duta Besar Denis Chaibi di Unhas tidak hanya menjadi momen bersejarah dalam mempererat hubungan bilateral, tetapi juga membuka peluang kerja sama yang lebih luas di berbagai sektor, termasuk pendidikan, riset, dan ekonomi.