Jangan Asal Menyalip Kendaraan Lain, Ini Tips #Cari_Aman Astra Motor Sulawesi Selatan

Portal Wartawan,KENDARI -Sepeda motor menjadi salah satu pilihan kendaraan masyarakat yang efisien dalam beraktivitas. Karena itu, keselamatan dan kenyamanan saat berkendara perlu diperhatikan dengan maksimal, termasuk ketika menyalip atau mendahului kendaraan lain.

Astra Motor Sulawesi Selatan selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, membagikan tips #Cari_Aman menyalip atau mendahului kendaraan lain yang berada di depan.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Sulawesi Selatan Oging Adria Fitra Sakti menuturkan, menyalip atau mendahului kendaraan lain di jalan raya merupakan hal yang sudah biasa dilakukan.

Namun, beberapa pengendara acapkali tidak mempertimbangkan hal-hal krusial saat akan mendahului kendaraan lain. Hal ini tentu berpotensi menyebabkan kecelakaan di jalan raya.

Karenanya, Oging memaparkan sejumlah hal yang perlu dilakukan pengendara sepeda motor saat akan menyalip kendaraan yang berada di depannya. Pertama, pengendara harus memastikan ada ruang di lajur kanan sebelum memutuskan untuk mendahului kendaraan lain.

“Jangan sampai menyalip dari sisi kiri jalan. Hal itu berisiko tinggi menyebabkan kecelakaan. Jika pengendara merasa tidak ada ruang di lajur kanan, sebaiknya tidak mencoba atau memaksakan untuk menyalip kendaraan lain karena membahayakan diri sendiri dan pengendara lain,” ucap Oging.

Hal krusial kedua yang perlu diperhatikan pengendara saat akan menyalip, kata Oging, yakni melihat kondisi kendaraan lain, baik yang berada di sisi depan, belakang, maupun samping.

Baca Juga :  Dirut PLN Raih Best CEO of Communications, PLN Borong 12 Penghargaan di BCOMSS 2024

“Ini penting untuk memastikan pengendara tidak menyenggol kendaraan lain. Melakukan head check atau melihat kondiri kendaraan lain perlu dilakukan untuk memastikan kondisi aman saat mendahului kendaraan lain,” tuturnya.

Kemudian, Oging menyatakan bahwa pengendara harus menyalakan lampu sein dan membunyikan klakson sebelum dan saat mendahului kendaraan lain. Ini menjadi penanda atau memberitahu kepada pengendara lain.

“Hal keempat yang wajib dilakukan untuk #Cari_Aman saat mendahului kendaraan lain adalah memperhatikan waktu yang tepat untuk menyalip. Jangan sampai salah perhitungan karena dapat menyebabkan kejadian fatal di jalan raya,” ucapnya.

Terakhir, menurut Oging, pengendara harus menguasai fungsi dari marka jalan. Marka jalan yang merupakan rambu-rambu lalu lintas berupa garis melintang, membujur, dan menyerong, memiliki peran penting di jalur lalu lintas sekaligus membuat arus lalu lintas menjadi lebih teratur.

“Adanya marka jalan ini sangat krusial untuk mengatur lalu lintas sekaligus memberikan keamanan dan kenyamanan kepada pengendara. Maka itu, pengendara harus memahami setiap fungsi marka jalan dan bentuknya, termasuk saat akan mendahului kendaraan lain,” ucap Oging.

“Mari terapkan safety riding dengan baik dan benar selama berkendara di jalan raya. Keselamatan dan kenyamanan adalah hal krusial yang wajib dipenuhi oleh semua pengendara,” imbuhnya.