Jelang Idul Adha, Jokowi Blusukan ke Pasar Cek Harga Kebutuhan Pokok

portalwartawan.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengevaluasi kesibukan pedagang di Pasar Tohaga Parung dan Pasar Parungpung, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat, pada Rabu (21/06/2023). Dalam blusukan itu, Presiden Jokowi menegaskan jika harga beberapa keperluan primer masih konstan mendekati Hari Raya Idul Adha 1444 H.

“Ya harga baik, harga baik. Barusan harga bawang merah sedikit turun, daging ayam harga baik, baik itu untuk peternak dan buat konsume/penduduk baik, saya sangka kestabilan harga masih dapat (tertanggulangi). Minyak barusan sama juga masih Rp 14 ribu, saya sangka baik,” ujar Presiden Jokowi, waktu memberinya informasi ke mass media, di Pasar Parungpung.

Kepala Negara juga mengatakan tetap akan memeriksa harga-harga bahan inti biar tidak kehilangan kekangan pada inflasi. Menurut Presiden Jokowi, sampai kini tak ada pergolakan harga mendekati Idul Adha.

“Kestabilan harga masih bagus, ini yang saya periksa terus karena jangan sempat kita kehilangan kendalian pada inflasi, kepada harga-harga yang ada pada pasar, terpentingnya bahan baku, bahan dasar,” papar Presiden Jokowi -seperti ditulis situs setkab.go.id.

Meski begitu, Jokowi memberikan jika kadang mengontrol keserasian harga bahan primer tidak simpel.

“Kadang kan memanglah sesuai itu, daging ayam kadangkala baik, telur kadang-kadang naik, namun juga jeblok kadangkala, ini kan jika naik peternak puas sekali tetapi pembelinya tentu memberikan keluhkesah. Tetapi kalaupun turun peternaknya jelas ngeluh, jaga kesetimbangan itu tak gampang,” tutur Presiden.

Baca Juga :  KPPBC Kudus: Rokok daun talas belum dikenakan cukai

Pada peluang itu, Presiden Jokowi pun serahkan beberapa kontribusi dan sembako terhadap banyak pedagang. Presiden menyebutkan, kontribusi itu dipakai sebagai dana suntikan upaya banyak pedagang.

“Ya biasa buat tambahan-tambahan, modal tambahan untuk pedagang,” papar Presiden Jokowi.

Turut menemani Presiden pada kunjungannya ialah Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan.