Kemendag Bina Masyarakat Calon Eksportir di Sulawesi Utara

Sulawesi Utara – Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menjadi pembicara pada kegiatan Bina Masyarakat Calon Eksportir dengan tema ?Urgensi Pemenuhan Food Safety Regulation untuk Produk Pangan Ekspor? yang berlangsung di Amurang, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Sabtu (10 Feb).

Wamendag Jerry menekankan pentingnya menjaga kualitas dan keberlanjutan produk sebagai kunci daya saing produk ekspor ke pasar global. Selain itu, memperluas jangkauan pemasaran produk dengan memanfaatkan peluang pasar nontradisional juga menjadi keberhasilan dalam mengembangkan ekspor.

Dalam kaitan peningkatan kualitas produk ekspor, Kementerian Perdagangan memiliki program pendampingan dan fasilitasi sertifikasi HACCP yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku ekspor produk pangan. Melalui program ini, produk yang dihasilkan telah memenuhi standar keamanan yang bersifat internasional, sehingga akses produk pangan tidak menemui kendala di negara tujuan ekspor.

Lebih lanjut, Wamendag mengatakan bahwa selain dari sisi nilai tambah dan daya saing produk ekspor, Kementerian Perdagangan juga selalu berupaya membantu pengusaha dengan membuka akses pasar melalui kerja sama perundingan perdagangan di forum internasional.

Wamendag mengajak semua pihak yang hadir, terutama para pengusaha pemula dan pelaku UKM ekspor untuk bersama-sama mendukung program Kementerian Perdagangan. Melalui kerja sama dan sinergi, optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki dapat meningkatkan ekspor Indonesia dengan tetap mengedepankan kelestarian lingkungan dan kepentingan nasional. (Red)

Baca Juga :  Rakor Sawit Nasional, Mentan SYL Targetkan Program PSR Capai 180.000 Hektare Per Tahun