Kemendag Menerima Kunjungan Delegasi Bisnis Cile

#image_title

Jakarta – Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi didampingi Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif, Miftah Farid menerima kunjungan delegasi bisnis dari Cile yang tergabung dalam Confederation of Chilean Industry di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (13 Nov).

Kunjungan delegasi bisnis Cile ini bertujuan meningkatkan hubungan ekonomi antara Indonesia dan Cile dalam rangka pemanfaatan perjanjian dagang Indonesia-Chile CEPA serta peningkatan perdagangan di bidang jasa. Kunjungan ke Kementerian Perdagangan ini merupakan rangkaian kunjungan delegasi ke beberapa Kementerian dan KADIN.

IC-CEPA diharapkan dapat membawa banyak peluang perdagangan bagi Indonesia dan Cile sekaligus kesejahteraan bagi kedua negara.

Cile merupakan salah satu mitra dagang potensial dengan pertumbuhan positif surplus perdagangan bagi Indonesia. Pada Januari?Agustus 2023, tercatat surplus perdagangan meningkat sebesar 3,67 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022. Adapun tren ekspor nonmigas Indonesia ke Cile meningkat sebesar 26,11 persen dalam 5 tahun terakhir.

Sebagai salah satu upaya peningkatan perdagangan Indonesia-Cile, telah dibentuk Indonesia-Chile Business Council antara Kadin Indonesia dan Asosiasi Bisnis Cile dalam rangka mendorong kerja sama bisnis Indonesia-Cile. (Red)

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison dan Setara Networks Luncurkan Layanan Transaksi Instan Tanpa Biaya Tambahan