Langsung Cari Alumunium Bekas dan Praktikin Cara Meleburnya, Gampang Banget!

#image_title

Aluminium adalah salah satu bahan dengan banyak kegunaan di dunia. Kekuatan dan keiritannya menjadikannya pilihan yang populer dalam berbagai industri. Namun, tahukah kamu bahwa ada rahasia dibalik kemampuan aluminium untuk diubah menjadi satu?

Jika kamu penasaran dan ingin tahu lebih lanjut, yuk simak artikel ini! Kami akan membahas proses menarik dan menakjubkan yang terjadi dalam pembuatan aluminium menjadi satu.

Proses Pembuatan Aluminium

Aluminium pada dasarnya adalah logam yang terdapat alami di kerak bumi. Namun, sebelum dapat digunakan dalam berbagai keperluan kita, aluminium harus melalui beberapa tahapan proses yang menarik.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, pastikan kamu memiliki perlengkapan pengaman seperti sarung tangan dan pelindung mata sebelum melakukan percobaan apapun.

1. Ekstraksi Bahan Baku

Proses pertama dalam pembuatan aluminium adalah ekstraksi bahan bakunya. Bahan baku aluminium adalah bauksit, mineral yang ditemukan di berbagai daerah di dunia. Tahapan ini melibatkan langkah-langkah berikut:

– Penghancuran bauksit: Bauksit akan dihancurkan menjadi serpihan kecil menggunakan mesin penghancur.
– Larutan kimia: Serpihan bauksit akan dicampur dengan natrium hidroksida dan dimasak dalam suhu tinggi. Proses ini akan menghasilkan larutan natrium aluminate.
– Pemisahan: Larutan yang dihasilkan akan dipisahkan dari kotoran lainnya menggunakan teknik filtrasi atau sentrifugasi.
– Pengendapan: Setelah pemisahan, aluminium diendapkan menggunakan karbon untuk membentuk endapan aluminium hidroksida.
– Kalsinasi: Endapan tersebut kemudian dikalsinasi dalam temperatur tinggi untuk menghasilkan aluminium oksida. Proses kalsinasi adalah proses pemanasan dalam suhu tinggi yang membuat partikel-partikel menjadi lebih stabil dan kuat untuk proses selanjutnya.

Baca Juga :  Puluhan Dosen Unhas Jalani Medical Check Up Lanjutan

2. Proses Hall-Heroult

Setelah melalui tahap ekstraksi bahan baku, aluminium oksida siap untuk diubah menjadi aluminium murni melalui proses Hall-Heroult. Tahap ini melibatkan langkah-langkah sebagai berikut:

– Elektrolisis: Aluminium oksida dicampur dengan batu bara dan dimasukkan ke dalam peleburan dalam kondisi yang ekstrim, seperti suhu tinggi dan tekanan rendah.
– Elektroda: Di bagian atas peleburan, elektroda yang terbuat dari grafit dimasukkan.
– Arus listrik: Arus listrik dilewatkan melalui elektroda dan peleburan. Arus listrik akan menyebabkan aluminium oksida terurai menjadi aluminium murni dan oksigen.
– Pengumpulan aluminium: Aluminium murni yang terbentuk akan mengendap di dasar peleburan dan bisa diambil dengan proses penyaringan.

Penerapan Aluminium dalam Berbagai Industri

Sekarang kita sudah mengetahui bagaimana proses pembuatan aluminium menjadi satu. Namun, apa yang membuat aluminium memiliki aplikasi yang begitu luas dalam berbagai industri? Berikut adalah beberapa penerapan umum aluminium:

1. Industri Otomotif

Aluminium yang ringan, kuat, dan tahan terhadap korosi menjadikannya pilihan yang ideal untuk industri otomotif. Aluminium digunakan dalam pembuatan bodi mobil, mesin, dan berbagai komponen lainnya. Penggunaan aluminium dapat mengurangi berat kendaraan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

2. Industri Pesawat Terbang

Keunggulan aluminium dalam hal kekuatan, keawetan, dan ringan juga membuatnya menjadi bahan yang sangat diandalkan dalam industri penerbangan. Aluminium digunakan dalam pembuatan struktur pesawat terbang, sayap, dan badan pesawat lainnya. Keunggulan ini membantu pesawat menjadi lebih efisien dan dapat terbang lebih jauh.

Baca Juga :  Mentan Beri Kuliah Umum di Faperta, Bahas Pengaruh Budaya dalam Komunikasi Interkultural Bisnis

3. Industri Elektronik

Aluminium digunakan dalam industri elektronik untuk membuat komponen seperti heatsink, radiator, dan casing perangkat elektronik. Kekuatannya dalam menghantarkan panas dan keawetannya membantu menjaga suhu yang stabil dan mencegah kerusakan perangkat elektronik.

Penutup

Melalui tahapan ekstraksi bahan baku dan proses Hall-Heroult, aluminium diubah dari bauksit menjadi aluminium murni. Keunikan dan kelebihan aluminium dalam hal kekuatan, keawetan, dan ringan menjadikannya bahan yang sangat diandalkan dalam berbagai industri. Dengan pemahaman dasar tentang proses ini, kita bisa menghargai peran aluminium dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana rahasia di balik kemampuannya untuk diubah menjadi satu!