Pemkot Surabaya Raih Penghargaan UHC Award 2023

SURABAYA_portalwartawan.com ““ Pemerintahan Kota (Pemerintah kota) Surabaya raih penghargaan Universal Health Coverage atau UHC Award 2023 seusai ditandaskan sekurang-kurangnya 95 prosen masyarakatnya udah jadi peserta Program Agunan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Penghargaan UHC ini diberi secara langsung oleh Wakil Presiden RI, KH. Maruf Amin dikawal oleh Menteri Koordinator Bagian Pembangunan Manusia serta Kebudayaan serta Direktur Inti BPJS Kesehatan dan Ketua Dewan Agunan Sosial Nasional pada Selasa, (14/03/23) di Jakarta.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Hernina Agustin Bijaksanain menuturkan, penghargaan ini adalah buah sinergitas di antara Pemerintah kota Surabaya serta BPJS Kesehatan Cabang Surabaya buat berikan agunan kesehatan buat rakyat.

“œPemerintah Kota Surabaya, berasa bertanggung-jawab, untuk memberi penjaminan faedah service kesehatan buat semua masyarakatnya. Dengan impian, seluruhnya warganya tidak akan berasa kesusahan bila butuh layanan, terutamanya berkaitan dengan servis kesehatan,” ujar Hermina.

Oleh karenanya, lanjut Hernina, BPJS Kesehatan sebagai tubuh pelaksana agunan sosial terutamanya bagian service kesehatan, karenanya kerjasama Pemerintah kota Surabaya ini disongsong baik. Maka dari itu Pemerintahan Kota Surabaya sukses raih lingkup semesta agunan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC).

Terhitung semenjak April 2021, sekitar 2.970.834 jiwa warga Kota Surabaya sudah tercatat jadi peserta Program Agunan Kesehatan Nasional (JKN) dari keseluruhan jumlah masyarakat 2.972.801 jiwa atau sebesar 99.93%.

Baca Juga :  Satu Abad Nahdlatul Ulama Menjaga NKRI

“œArtinya, nyaris semua masyarakat di Kota Surabaya sudah mempunyai payung pelindungan untuk terhubung pelayanan di layanan kesehatan,” teragnya.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan ucapkan syukur Pemerintah kota Surabaya mendapat penghargaan berkaitan dengan UHC atau agunan kesehatan. Lantaran, kesehatan serta kesejahteraan adalah soal penting yang wajib diberi untuk rakyat.

“œPemkot Surabaya udah mengusahakan UHC hingga 90 prosen. Dari usaha berikut ini Pemerintah kota Surabaya memperoleh penghargaan. Terima kasih terhadap menteri PMK, menkes, dan menteri Dalam Negeri yang selalu memberinya semangat selalu untuk lakukan perbuatan terbaik terhadap umat,” pungkas Eri.

Perlu dijumpai, manfaat mengaktualkan UHC sekalian berikan agunan pelayanan kesehatan untuk masyarakatnya, Pemerintah kota Surabaya sudah mempersiapkan bujet sejumlah Rp 480 milyar pertahun. Dia katakan untuk penduduk Surabaya yang pengin berobat, hanya memakai KTP saja.

“œJadi bila penduduk yang sakit dan telah memperoleh KTP, hanya memakai KTP akan dilayani gratis. Saya ucapkan terima kasih ke BPJS Kesehatan yang udah bersinergi dengan pemerintahan sudah berikan yang terbaik buat rakyat Surabaya persoalan kesehatan,” kuak Eri. (*)

· Pewarta : Ikhlas W · Poto : Spesial · Penerbit : Dwito