Rektor Unhas di Kegiatan IKAMA Sulsel: Prioritaskan Beasiswa Australia ke Indonesia Timur

Portal Wartawan, MAKASSAR – Mahasiswa Universitas Hasanuddin berkesempatan mengikuti Kegiatan Sharing Session Australia Awards Scholarship (AAS) yang diinisiasi oleh Ketua Ikatan Alumni Australia (Ikama) Sulsel Bersama Konsulat Jenderal Australia di Makassar.

Kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid, dengan partisipasi peserta dari seluruh Indonesia. Dari total 295 pendaftar, 150 orang berkumpul secara langsung di Ruang Rapat Senat lantai 2 Gedung Rektorat Unhas, Kampus Tamalanrea, pada Senin (19/2).

Tujuan utama dari sesi ini adalah memberikan wawasan bagi mereka yang berminat melanjutkan studi ke luar negeri, khususnya di Australia. Dengan alasan kuat seperti beasiswa yang melimpah, kedekatan geografis, dan reputasi internasional, Australia memang menjadi opsi yang sangat menarik.

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., dalam sambutannya brharap agar peluang beasiswa dapat diperluas, khususnya bagi masyarakat Indonesia bagian timur. Dirinya juga mendorong penyebaran informasi sebanyak mungkin, tidak hanya di lingkungan kampus, tetapi juga di seluruh negeri.

Konsulat Jenderal Australia di Makassar Mr. Todd Dias, memaparkan alasan menarik untuk belajar di Australia. Dirinya menuturkan bahwa 9 dari 100 universitas terbaik di dunia berada di sana, tidak mengherankan jika tingkat kepuasan pelajar internasional mencapai 89%.

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa Australia Awards di Indonesia memberikan kesempatan untuk studi jangka pendek dan jangka panjang di Australia, dengan tujuan utama meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mempererat hubungan bilateral.

Baca Juga :  Jadilah Ahli Teknologi di Universitas Bina Sarana Informatika, Temukan Karirmu di Dunia Digital!

Program ini terbuka untuk semua, tanpa batasan usia atau gender, serta memperhatikan keberagaman masyarakat, termasuk penyandang disabilitas. Dengan fokus pada tiga bidang studi prioritas seperti ketahanan kesehatan, stabilitas, dan pemulihan ekonomi, Australia tetap menjadi destinasi impian bagi para pemuda Indonesia yang bersemangat untuk berkembang dan berkontribusi pada masa depan yang lebih baik.

Sharing Session Australia Awards Scholarship (AAS) di Unhas berlangsung lancar dengan diskusi bersama para narasumber yang hadir membagikan pengalamannya dihadapan para peserta yang hadir.