Tinjau FAI 2023, Menpora Dito Harap Renang Mampu Bersaing di Kancah Olimpiade

Jakarta – Menteri Pemuda serta Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, menyurvei sekalian mengerjakan sidak penerapan Festival Akuatik Indonesia (FAI) 2023 yang diselenggarakan di Stadion Akuatik Gelanggang olahraga Bung Karno, Senayan, Jakarta. Menpora Dito mengharap cabang olahraga renang dapat berkompetisi di tingkat olimpiade.

Kedatangan Menpora Dito di Stadion Akuatik GBK, seputar jam 09:05 WIB, disongsong dengan langsung oleh International Relation PB PRSI Lisa Januar serta perwakilan dari World Aquatics (FINA), Mr James Gibson dan sejumlah pengurus dari PB PRSI yang lain.

Menpora Dito yang lihat dengan langsung implementasi FAI 2023 memandang, selaku satu diantaranya olahraga yang disukai pada masyarakat, cabang olahraga renang punya masa datang yang bagus.

“Saya memandang minat beberapa olahragawan ini begitu banyak. Akuatik di Indonesia punyai hari esok yang ceria sebagai satu diantaranya olahraga yang disukai orang di Indonesia,” tutur Menpora Dito, Senin (12/6).

“Perwakilan dari FINA James Gibson pula memandang buat layanan di Akuatik menjadi salah satunya yang terbaik di dunia. Disamping itu beliau pula terkejut lantaran ada sangat banyak kemampuan yang berada di Indonesia agar jadi perenang teruji,” tambah Menpora Dito.

FAI 2023 awal mulanya udah dibuka oleh Ketua Umum PB PRSI Anindya Bakrie di 10 Juni saat lalu. FAI 2023 dikatakan udah di ikuti sekurang-kurangnya 1.500 peserta. Tempat ini sekalian jadi” Penyisihan Minggu Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut akan datang.

Baca Juga :  Kemenpora Bersama ASKI Ajak Masyarakat Semangat Berolahraga Menuju Indonesia Bugar 2045

Menpora Dito menyebutkan memerlukan sinergi ilmu dan pengetahuan serta tehnologi agar tambah memberikan dukungan kemajuan akuatik di Indonesia, karena itu renang akan kian memberi prestasi buat bangsa dan dapat berkompetisi di tingkat paling tinggi olimpiade.

“Ke depan kita betul-betul memerlukan kerjasama ada knowledge dan science biar renang ke depan bisa bawa medali banyak untuk bangsa Indonesia. Dan renang pun jadi focus pemerintahan biar renang dapat menembus di olimpiade,” ujarnya.

Menpora Dito pula mengharapkan banyak olahragawan yang waktu ini meng ikuti FAI 2023 ini haruslah tetap mempunyai harapan serta mimpi yang cukup tinggi sampai ke olimpiade.

“Saya mengharap, kendati pun ini acara buat pra PON, tetapi adik- adik semuanya harus mempunyai mimpi yang lebih tinggi hingga ke olimpiade,” berharap Menpora Dito.

“Pemerintahan lewat Kemenpora tengah memformulasikan supaya masa datang kalian bisa terjaga . Sehingga, semangat selalu, intinya mimpinya harus sampai ke olimpiade,” pesan Menpora Dito.

Festival Akuatik Indonesia 2023 yang diselenggarakan pada 10-18 Juni ini terealisasi karena kerjasama di antara Persatuan Renang Semua Indonesia (PRSI) dengan Bank BTN-PTPN. Selainnya renang, ada juga polo air, renang artistik, loncat cantik, renang masters, pun coaching clinic. (Red)