Wamendag RI pada Ghana-Indonesia Business Forum 2023

#image_title

Jakarta – Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga menjadi pembicara pada Ghana-Indonesia Business Forum 2023 yang berlangsung di Hotel JW Marriot, Jakarta, Senin (8 Okt).

Wamendag Jerry mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia dan Ghana telah mencapai kemajuan signifikan dalam mendorong pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Di Afrika Barat, Ghana telah menjadi mercusuar stabilitas dan kemakmuran, serta komitmennya terhadap reformasi ekonomi dan pembangunan infrastruktur. Sebaliknya, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Asia Tenggara.

Dalam konteks hubungan perdagangan, di benua ini, Ghana menduduki peringkat ke-14 sebagai negara tujuan ekspor Indonesia di mana pada tahun 2022, total perdagangan Indonesia dan Ghana tercatat sebesar USD 196,86 juta. Produk ekspor utama Indonesia ke Ghana yaitu minyak sawit dan fraksinya, sabun, mesin, produk kertas, dan produk ikan.

Lebh lanjut Wamendag mengatakan, potensi perdagangan bilateral merupakan aspek mendasar dari hubungan kedua negara. Dengan meningkatkan perdagangan antara kedua negara, kita akan mampu menciptakan situasi yang menguntungkan kedua negara. Indonesia terkenal dengan minyak sawit, karet, tekstil, dan mobilnya, sedangkan Ghana terkenal dengan kakaonya, emas, minyak bumi, dan gas alam.

Ghana-Indonesia Business Forum yang diselenggarakan oleh KADIN Indonesia dan Kedutaan Besar Ghana Jakarta merupakan langkah maju dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di kedua negara.

Baca Juga :  Pasar Pariwisata Tiongkok Kian Membaik, SiteMinder Perkuat Kemitraan dengan Trip.com

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ghanas High Commisioner to Malaysia, Florence Buerki Akonor; Ketua KADIN Wiayah Afrika, Mintardjo Halim; Delegasi Ghana, dan anggota KADIN Indonesia. (Red)