Yummy Banget! Begini Caranya Bikin Timus Ubi Ungu yang Mantap Abis!

#image_title

Halo teman-teman pecinta makanan manis! Apa kabar? Semoga kalian semua baik-baik saja ya. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi resep yang pasti akan membuat lidah kalian bergoyang kegirangan. Kita akan belajar cara membuat timus ubi ungu yang mantap abis! Siapa sih yang tidak suka dengan timus, penganan yang lezat dan manis ini? Nah, yuk mulai kita tengok cara pembuatannya!

Apa itu Timus?

Timus adalah sejenis penganan yang terbuat dari ubi. Ubi yang paling sering digunakan adalah ubi kuning atau ubi jalar. Namun, kali ini kita akan menggunakan ubi ungu untuk menciptakan warna yang lebih menarik dan menggoda. Timus biasanya memiliki rasa yang manis, lembut, dan bisa diberikan tekstur yang sedikit kenyal juga. Rasanya yang enak dan tampilan yang cantik membuat timus menjadi hidangan favorit banyak orang.

Manfaat Ubi Ungu

Ubi ungu mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Warna ungu pada ubi tersebut berasal dari senyawa bernama antosianin, yang merupakan antioksidan yang kuat. Antioksidan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia, seperti melindungi tubuh dari radikal bebas dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Selain itu, ubi ungu juga kaya akan serat, vitamin C, kalium, dan zat besi.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Lantas, apa saja bahan yang kita perlukan untuk membuat timus ubi ungu yang lezat ini? Berikut adalah bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

  • 500 gram ubi ungu, kukus dan haluskan
  • 200 ml santan kelapa
  • 100 gram tepung ketan
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanili
  • Garam secukupnya
  • Daun pisang untuk membungkus
Baca Juga :  Cara Bikin Bolu Kemojo Suka-suka, Resep Rahasia untuk Bolu yang Lembut dan Makin Enak!

Cara Membuat Timus Ubi Ungu

Bagaimana cara membuat timus ubi ungu yang enak ini? Yuk simak langkah-langkahnya:

  1. Campurkan ubi yang sudah dihaluskan dengan santan kelapa.
  2. Tambahkan tepung ketan, gula pasir, vanili, dan garam secukupnya ke dalam campuran tersebut. Aduk rata hingga membentuk adonan yang lembut.
  3. Siapkan daun pisang dan ambil selembar untuk membungkus adonan.
  4. Ambil sejumput adonan dan letakkan di atas daun pisang. Bungkus rapat-rapat dan ikat dengan menggunakan tali rapia atau lidi.
  5. Ulangi langkah tersebut hingga semua adonan habis.
  6. Siapkan panci kukusan dan panaskan air di dalamnya.
  7. Setelah air mendidih, masukkan timus yang sudah dibungkus dengan daun pisang ke dalam panci kukusan.
  8. Kukus timus selama kurang lebih 20-30 menit hingga matang sempurna.
  9. Angkat timus dari kukusan dan biarkan dingin sejenak.
  10. Setelah dingin, timus ubi ungu siap disajikan dan dinikmati!

Penutup

Demikianlah teman-teman, resep dan cara membuat timus ubi ungu yang mantap abis! Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang tidak sulit, kalian bisa menyajikan hidangan manis yang tak kalah lezat dari yang dijual di toko-toko. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya! Jangan lupa untuk berbagi dengan teman-teman kalian untuk membuat mereka tersenyum bahagia juga. Selamat menikmati!