Atlet ASEAN Para Games Cetak Sejarah, Kemenpora Naikkan Bonus 5 Persen

SOLO — Sekretaris Menteri Pemuda serta Olahraga (Sesmenpora), Gunawan Suswantoro menghargai delegasi Indonesia yang sukses mencapai juara umum ASEAN Banyak Permainan (APG) Kamboja 2023. Gunawan pun menyongsong dengan langsung kehadiran Klub Merah Putih di Lapangan terbang Adi Soemarmo Solo pada Sabtu (10/6) sore.

“Saya senang pada beberapa adik semua. Mudah-mudahan ini menjadi awalan yang bagus untuk Asian Beberapa Game di Hangzhou,” jelas Gunawan pada jurnalis.

Pantauan di posisi, Sesmenpora mengalungkan bunga sekalian sampaikan ucapan selamat ada pada olahragawan Indonesia. Sesmenpora dibarengi oleh Pendamping Deputi Tenaga serta Organisasi Keolahragaan Kemenpora, Muhammad Aziz Ariyanto.

Kontingen Indonesia terdiri dari dua kloter penerbangan dari Kamboja. Kloter pertama datang jam 17.24 WIB dan kloter ke-2 20.00 WIB. Olahragawan Indonesia disongsong oleh simpatisan Indonesia yang ada di teritori lapangan terbang.

Indonesia keluar sebagai juara umum selesai mendapat 159 medali emas, 148 medali perak, serta 94 medali perunggu. Disamping melewati tujuan dengan 121 emas, Indonesia terdaftar raih hattrick juara APG.

Menurut Gunawan, pemerintahan sangatlah senang atas kesuksesan APG di Kamboja lantaran di luar perkiraan dapat menulis hattrick. Bahkan juga banyak cabang olahraga seperti renang, tenis meja, atletik, power lifting, serta blind judo melewati tujuan.

“Saya senang ke beberapa adik semua. Mudah-mudahan ini menjadi awal mula yang bagus untuk Asian Banyak Game di Hangzhou,” tuturnya.

Baca Juga :  Tonton Byon Combat Showbiz, Menpora Dito Dukung Kegiatan Positif Anak Muda Untuk Masyarakatkan Olahraga

Disinggung berkenaan bonus olahragawan, Gunawan menuturkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberinya bonus yang serupa. Juga ada peningkatan 5 % bonus dari Banyak Game di Vietnam saat kemarin.

Gunawan mengatakan, berkaitan pemfokusan latihan di Karanganyar. Diakui dia, budget teralokasikan pada 2024 oleh Kemen PUPR. Tanah dan bentuk telah ada serta tinggal implementasi.

Sementara itu, CdM Delegasi Indonesia, Andi Herman, berkata olahragawan Indonesia dapat keluarkan kebolehannya optimal serta melewati tujuan. Banyak histori terbentuk di APG Kamboja.

“15 rekor tertanggulangi oleh olahragawan kita. Ini kebanggaan tentu. Kemenpora memberi dukungan baik sekali serta stabil. Langsung persiapkan pelatnas di Hangzhou,” ucapnya.