Cilung Basah ala Mantap Manjur: Simpel Banget Bikinnya!

Hai, semuanya! Apa kabar? Kali ini kami ingin berbagi sebuah resep lezat yang pasti akan membuat hari-hari Anda menjadi lebih ceria. Siapa yang tidak suka cilung? Ya, kami tahu bahwa hampir semua orang menyukainya! Apalagi dengan tambahan basah yang bikin cilung ini makin mantap. Yuk, kita bahas lebih lanjut mengenai Cilung Basah ala Mantap Manjur yang simpel banget untuk dibuat!

Penjelasan Cilung Basah

Sebelum kita masuk ke resep dan cara membuatnya, mari kita bahas sedikit mengenai cilung basah ini. Cilung berasal dari kata “cihulu” yang dalam bahasa Sunda berarti tepung, dan “tung” yang berarti garing atau renyah. Dalam bahasa Indonesia, kita juga sering menyebutnya dengan dumpling. Cilung biasanya berbahan dasar tepung tapioka yang dicampur dengan berbagai bumbu dan diolah hingga matang.

Keunikan Cilung Basah

Cilung basah memiliki keunikan tersendiri karena adanya tambahan kuah yang membuatnya menjadi lebih lezat dan nikmat. Kuah yang digunakan biasanya berupa kuah dengan campuran kecap manis, saus cabai, bawang goreng, dan beberapa bumbu lainnya. Ketika cilung direndam dalam kuah ini, rasanya semakin gurih dan menggoyang lidah.

Kenapa Harus Mencoba Cilung Basah?

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus mencoba cilung basah ini. Pertama, rasa cilung yang lezat dan renyah akan membuat Anda ketagihan. Kedua, tambahan kuah yang gurih dan pedas akan membuat hidangan ini semakin istimewa. Ketiga, membuat cilung basah ini sangatlah mudah dan simpel, jadi siapapun pasti bisa mencobanya!

Baca Juga :  Kue Pelok Terlezat, Resep Simpel Buat Si Manisnya Hati

Resep Cilung Basah ala Mantap Manjur

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung tapioka
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica
  • 100 ml air panas
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bawang goreng dan daun seledri secukupnya, untuk taburan

Cara Membuat:

  1. Siapkan mangkuk besar, campurkan tepung tapioka, garam, dan merica.
  2. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan bisa dipulung.
  3. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil seperti bola-bola kecil.
  4. Panaskan minyak goreng dalam wajan.
  5. Goreng cilung dalam minyak panas hingga matang dan berwarna keemasan.
  6. Tiriskan cilung basah dan sajikan dalam piring saji.
  7. Taburi dengan bawang goreng dan daun seledri.
  8. Cilung basah siap disantap!

Penutup: Selamat Menikmati!

Itulah resep dan cara membuat Cilung Basah ala Mantap Manjur yang simpel banget untuk kamu coba di rumah. Rasanya yang lezat dan kuah basahnya yang gurih pasti akan memanjakan lidahmu. Selamat menikmati hidangan ini bersama keluarga atau teman-teman terdekatmu. Jangan lupa berbagi resep ini kepada yang lain agar mereka juga dapat menikmati cilung basah yang enak. Selamat mencoba!