Fakultas Keperawatan Unhas Kunjungan ke Malaya University, Tingkatkan Kerja Sama Penelitian dan Publikasi

#image_title

Portal Wartawan, MAKASSAR – Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin melakukan kunjungan ke Departemen of Nursing, Malaya University dalam meningkatkan kerja sama penelitian dan publikasi, pada Selasa (05/12) yang dipimpin langsung oleh Dekan F.Kep (Prof. Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp.,M.Si).

Turut mendampingi Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset dan Inovasi (Dr. Takdir Tahir, S.Kep.,Ns.,M.Kes), Sekrprodi S1 Kep (Andi Baso Tombong S. Kep., Ns., MN), KPS Profesi Ners (Syahrul Ningrat S. Kep., Ns.,M. Kep., Sp. KMB), Sekretaris GPM (Arnis Puspita S.Kep., Ns., M. Kes), Dosen Fisioterapi (Yeri Mustari, S.Ft., Physio, M.Clin.Rehab).

Agenda pertemuan ini sebagai bentuk pelatihan dalam meningkatkan kerja sama penelitian dan joint publikasi, serta mendiskusikan peluang dan sharing pengalaman untuk persiapan ICON Journal F.Kep menuju Scopus. Selain itu tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan jumlah penelitian dan pengabdian masyarakat, meningkatkan jumlah HaKi, meningkatkan jumlah sitasi dosen F.Kep dan meningkatkan Join Publikasi/International Conference.

Kemudian, sebagai langkah implementasi dari kerjasama ini, telah disusun dokumen Implementation Agreement untuk dua program studi, yaitu Program Studi Sarjana Keperawatan dan Program Studi Sarjana Fisioterapi. Dokumen ini berfungsi sebagai laporan pelaksanaan kerja sama yang telah disepakati. Selain itu juga terlibat dalam hibah Penelitian Internal Unhas pada skema Penelitian Fundamental Kolaboratif (PFK) dan Penelitian Kolaboratif I-CORE telah disepakati.

Selanjutnya, dalam kerangka kerja sama ini, terdapat kesepakatan untuk menjadikan beberapa individu sebagai Adjunct Professor, di antaranya adalah AP. Dr. Chong Mei Chan, Prof. Chui Ping Lei, dan Dr. Tang Li Yoong. Selain itu, menyepakati undangan bagi external examiner (Guru Besar) dari Fakultas Keperawatan untuk terlibat dalam program Magister dan PhD.

Baca Juga :  Asesemen Lapangan Pendirian Prodi S1 dan Profesi Kebidanan Serta Profesi Apoteker UIN Alauddin Makassar

Pihak Universitas Malaya (UM) telah menyatakan kesediaannya untuk menerima 3 calon mahasiswa Ph.D Program dari Program Studi Keperawatan di UM Malaya, mengukuhkan komitmen dalam pengembangan program akademik dan penelitian lintas institusi.

Dalam kesempatan tersebut, Departemen of Nursing, Malaya University memaparkan materi tentang Briefing on Research and development and potential colaboration oleh Dr. Vimala Ramoo, Master and PhD Program and Program Research Student oleh Dr. Chui Ping Lei, dan Briefing on Bachelor of Nursing Science Program oleh Prof. Madya Dr. Tang Li Yoong.

F.Kep juga memaparkan materi tentang Research Profile & Collaborative Research Opportunities Faculty of Nursing Hasanuddin University.

Kunjungan ke universitas Malaya merupakan rangkaian dalam mengimplementasikan target pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) dan Indeks Kinerja Tambahan (IKT) yang menjadi target F.Kep, untuk mencapai jumlah kunjungan dosen ke luar negeri, peningkatan jumlah academic peer dan potensial kerja sama yang lain seperti join publication, inbound and outbound student, dan visiting lecturer.

Kemudian kunjungan ini menguatkan informasi dan pengalaman dalam rangka mempersiapkan Akreditasi, baik akreditasi nasional maupun akreditasi internasional yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.