Fakultas Vokasi Unhas Tuan Rumah OLIVIA 2024: Dorong Inovasi dan Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa

Portal Wartawan, MAKASSAR Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin menjadi tuan rumah Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) 2024 yang dihelat pada tanggal 18-19 Juli 2024 di Unhas.

OLIVIA merupakan kompetisi nasional bagi mahasiswa vokasi dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia di bawah Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI).

Penyelenggaraan OLIVIA sudah dimulai sejak tahun 2016 dengan berbagai perguruan tinggi sebagai tuan rumah, yaitu, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Halu Oleo, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Dekan Fakultas Vokasi Unhas, Prof Muh Restu menjelaskan, pada tahun 2024 ini, penyelenggaraan OLIVIA dipercayakan kepada Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin. “OLIVIA ke-9 ini merupakan kontribusi Universitas Hasanuddin untuk meningkatkan daya saing insan vokasi melalui kreativitas dan inovasi,” ungkapnya.

OLIVIA mengusung tema ?Inspiring the future through empowering innovative human resources and digital-based entrepreneurship??, dengan tujuan mengumpulkan ide-ide kreatif dan inovatif yang menonjolkan kemampuan sumber daya manusia yang inovatif dan berjiwa kewirausahaan berbasis digital.

Isu utama yang diangkat dalam kegiatan ini adalah inovasi teknologi dan kewirausahaan, yang dianggap penting dalam era digitalisasi saat ini dan dalam menghadapi persaingan pencarian tenaga kerja.

Ketua Panitia OLIVIA 2024, Dr Agustina Abdullah, menjelaskan, OLIVIA ini untuk meningkatkan daya saing insan vokasi, khususnya mahasiswa, dengan menampilkan karya hasil kreativitas dan inovasi mereka.

Baca Juga :  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unibos Raih Tax Center Terbaik Nasional

OLIVIA ke-9 ini mengusung berbagai kegiatan seperti pendidikan, olahraga, seni, sosial, akademik, keagamaan, dan kegiatan lainnya.

Hal ini sejalan dengan visi dan misi Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin yang ingin memberikan manfaat sebanyak mungkin kepada masyarakat Indonesia dan global.

Adapun penerimaan karya akan dimulai pada tanggal 18 Maret hingga 31 Mei 2024 melalui website resmi panitia, kemudian dilakukan tahap seleksi atau penjurian pertama. Peserta yang lolos seleksi akan melanjutkan kompetisi secara offline di kampus Universitas Hasanuddin.

Seleksi tahap satu akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2024. Sementara itu, Grand Final & Konferensi Nasional akan berlangsung pada tanggal 18 Juli 2024, dan Malam Penganugerahan akan dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2024.

“Target kita dari 23 jenis lomba yang dilaksanakan, maka yang akan masuk ke babak grand final berjumlah 165 tim atau kurang lebih total peserta yaitu 575 orang,” ungkapnya.