Hadiri Rakernas PB PABSI, Menpora Dito: Semoga Angkat Besi Pecah Telur Raih Emas di Olimpiade 2024 Paris

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, secara resmi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) Tahun 2023. Menpora Dito berharap angkat besi mampu meraih medali emas di Olimpiade 2024 Paris.

“Cabang olahraga angkat besi menjadi salah satu cabor harapan di setiap olimpiade dan kita harap bisa pecah telur dan menyumbangkan medali emas di Olimpiade Paris mendatang,” kata Menpora Dito, di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Rabu (28/2).

“Saya juga ingin mengapresiasi PB PABSI yang telah menyelenggarakan Rakernas ini sebagai salah satu pembinaan organisasi yang wajib. Sehingga menunjukkan kinerja dan konsolidasi yang baik dan sukses di 30 provinsi anggotanya,” tambahnya.

Menurut Menpora, Kemenpora sesuai fungsinya memiliki perhatian khusus terhadap cabor-cabor prioritas salah satunya angkat besi. Karena angkat besi dinilai sebagai cabor yang memprioritaskan dan menjaga proses regenerasi atletnya.

“Kami di Kemenpora memiliki perhatian khusus untuk angkat besi. Dimana PABSI telah memprioritaskan atlet muda untuk regenerasi, kami ingin terus mensupport program untuk regenerasi dan juga talent scouting PABSI secara menyeluruh dan lebih masif,” terang Menpora Dito.

“Semoga hal itu juga bisa disambut baik teman-teman dari Pengprov PABSI untuk terus mencari bibit atlet karena angkat besi merupakan cabor harapan kita di setiap perhelatan olimpiade,” imbuh Menpora Dito.

Baca Juga :  Cukur Arema FC 4 Gol Tanpa Balas, Barito Putera Tembus Empat Besar

“Selamat untuk PABSI yang menyelenggarakan Rakernas hari ini dan dengan ini Rakernas PB PABSI Tahun 2023 secara resmi saya buka,” pungkas Menpora Dito dilanjutkan pemukulan gong.

Ketum PB PABSI Rosan P. Roeslani menyampaikan, angkat besi adalah salah cabor prioritas baik untuk level Asia Tenggara hingga dunia. “Selama ini kami memiliki full support dari Kemenpora, KONI Pusat, NOC dan stakeholders lainnya untuk berjalan dan berkontribusi untuk prestasi olahraga Indonesia,” ucapnya.

“Dalam setiap keikutsertaan di olimpiade, kita selalu meraih medali, baik perak dan perunggu. Dan insha Allah di Olimpiade 2024 Paris mendatang kita memiliki kesempatan meraih medali emas untuk pertama kali,” harapnya.

Rosan melanjutkan, hasil yang diraih PABSI selama ini merupakan hasil dari komitmen PABSI dalam menjaga regenerasi atletnya. Menurutnya, dalam program pelatnas PABSI sebanyak 60% akan diberikan kepada para atlet junior dan 40% atlet senior.

“Itu langkah PABSI untuk menjaga regenerasi dan menjaga prestasi juga agar regenerasi atlet kita tidak sampai putus. Dalam 6 kali keikutsertaan olimpiade terakhir, kita belum pernah meraih emas. Insha Allah usaha kita akan berhasil dan cita-cita mengibarkan Merah Putih di olimpiade bisa terwujud, karena kita meyakini di olahraga tidak ada yang instan tapi harus melalui proses panjang,” urainya.

“Terima kasih Pak Menpora, Kemenpora, KONI, NOC Indonesia dan para suporter di seluruh Indonesia untuk terus menjaga prestasi angkat besi. Kami terbuka demi kemajuan dan mempertahankan serta meningkatkan prestasi terutama di Olimpiade Paris agar kita meraih emas,” pungkasnya.

Baca Juga :  Menpora Dito Ingin Sukses Atlet Asean Para Games 2023 Kamboja Berlanjut ke Asian Para Games 2023 dan Paralimpiade 2024 Paris

Rakernas PB PABSI Tahun 2023 ini diikuti sekitar 20 dari 30 Pengprov PB PABSI. Nampak hadir Waketum Pusat Soewarno, Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, sesepuh PB PABSI Adang Daradjatun serta Sekjen PB PABSI Djoko Pramono. (Red)