Mantap Bale! Kenali 8 Makanan Khas Palembang yang Bikin Lidah Nagih!

#image_title

Halo! Apa kabar para pecinta kuliner? Jika kamu adalah penggemar makanan khas Indonesia, kamu pasti tidak boleh melewatkan 8 makanan khas Palembang yang akan membuat lidahmu nagih. Kota Palembang terkenal dengan kelezatan kuliner tradisionalnya yang menggoyang lidah. Berikut ini, ada 8 makanan khas Palembang yang patut kamu kenali!

8 Makanan Khas Palembang

1. Pempek

Makanan khas Palembang yang paling terkenal adalah pempek. Pempek merupakan makanan yang terbuat dari ikan tenggiri yang diolah dengan tepung sagu, tepung terigu, dan garam. Biasanya, pempek disajikan dengan kuah cuka yang pedas dan kecap yang kental. Rasanya yang gurih dan kenyal membuat pempek menjadi favorit banyak orang.

2. Tekwan

Tekwan adalah makanan khas Palembang yang berbahan dasar kulit ikan yang diisi dengan adonan ikan dan tepung sagu. Biasanya, tekwan disajikan dengan kuah kaldu ikan yang kaya rempah. Makanan ini memiliki rasa yang segar dan bening serta tekstur kenyal yang lezat.

3. Mie Celor

Mie celor merupakan hidangan mie khas Palembang yang menggunakan kuah kental berbahan dasar santan yang diberi bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Mie celor disajikan dengan irisan telur rebus, daun seledri, dan juga udang sebagai pelengkap. Rasanya yang kaya akan rempah membuat mie celor menjadi hidangan yang lezat dan menggugah selera.

4. Model

Model adalah salah satu makanan khas Palembang yang mirip dengan pempek, namun memiliki ciri khas tersendiri. Model terbuat dari olahan ikan tenggiri yang dicampur dengan kelapa parut dan digoreng dengan minyak kelapa. Makanan ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih.

Baca Juga :  Hari Gerakan Satu Juta Pohon Sedunia, Pertamina tanam 1.000 bibit Pohon di Kebun Raya Pucak Maros

5. Lempok

Lempok adalah makanan tradisional Palembang yang terbuat dari sagu yang diolah bersama dengan kelapa parut dan gula merah. Makanan ini mirip dengan dodol, namun memiliki rasa yang berbeda. Lempok memiliki tekstur yang kenyal dan manis yang membuatnya menjadi camilan yang cocok untuk dinikmati kapan saja.

6. Pindang Patin

Pindang patin adalah hidangan ikan patin yang dimasak dengan kuah asam pedas. Ikan patin yang digunakan dalam hidangan ini memiliki daging yang lembut dan rasanya yang enak. Kuah pindang patin yang gurih dan asam segar membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang, baik di Palembang maupun di luar Palembang.

7. Kerupuk Kulit

Kerupuk kulit adalah camilan khas Palembang yang terbuat dari kulit sapi yang dikeringkan kemudian digoreng hingga mengembang. Kerupuk ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih. Biasanya, kerupuk kulit disajikan sebagai teman makanan seperti pempek atau sebagai camilan sehari-hari.

8. Mie Tek-tek

Mie tek-tek adalah hidangan mie khas Palembang yang sering dijajakan oleh pedagang keliling dengan menggunakan gerobak yang dilengkapi tungku untuk memasak mie. Mie tek-tek disajikan dengan irisan telur, tauge, dan juga potongan daging sapi. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas membuat mie tek-tek menjadi favorit banyak orang.

Kesimpulan

Itulah 8 makanan khas Palembang yang akan membuat lidahmu nagih. Dari pempek yang gurih hingga mie tek-tek yang pedas, semua makanan khas Palembang ini memiliki kelezatan yang tidak bisa dipungkiri. Jadi, jika kamu memiliki kesempatan, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba makanan-makanan lezat ini saat berkunjung ke Palembang. Selamat berkuliner!