Mau Punya Cemilan Enak? Coba Deh Buat Sendiri Bolu Karamel Ala Rumahan!

Siapa yang tidak suka dengan kue bolu? Rasanya yang lezat dan lembut memang tak dapat ditolak. Nah, kali ini kita akan berbagi resep untuk membuat bolu karamel yang pasti akan membuat harimu menjadi lebih manis. Tidak perlu khawatir, resep ini sangat mudah dan dapat diikuti oleh siapa saja, bahkan bagi pemula sekalipun. Jadi, yuk mulai mencoba!

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 150 gram gula pasir
  • 100 gram mentega leleh
  • 100 ml susu cair
  • 4 butir telur
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh pasta vanili
  • Sejumput garam
  • 100 gram gula pasir untuk karamel
  • 50 ml air untuk karamel

Langkah-langkahnya:

Langkah 1: Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celcius.

Langkah 2: Untuk membuat karamel, panaskan gula pasir dengan api kecil dalam panci dengan diameter kecil. Tunggu hingga gula meleleh dan berubah menjadi cairan karamel dengan warna kecokelatan. Setelah itu, tambahkan air secukupnya dan aduk hingga rata. Angkat dari api dan tuang karamel ke dalam loyang bulat yang sudah diolesi mentega secara merata. Ratakan karamel di dasar loyang.

Langkah 3: Dalam sebuah wadah, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna putih. Tambahkan mentega leleh dan aduk hingga tercampur rata. Selanjutnya, masukkan susu cair, tepung terigu, baking powder, pasta vanili, dan garam. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur sempurna dan membentuk adonan bolu yang lembut.

Baca Juga :  Yummy Banget! Begini Caranya Bikin Timus Ubi Ungu yang Mantap Abis!

Langkah 4: Tuangkan adonan bolu ke dalam loyang yang berisi karamel. Pastikan adonan merata dan tidak ada bagian yang kosong. Guncangkan loyang sedikit untuk menghilangkan gelembung udara yang ada di dalam adonan.

Langkah 5: Panggang bolu dalam oven yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 40-45 menit atau hingga bagian atasnya berwarna kecokelatan. Untuk memastikan bolu matang sempurna, tes tusuk dengan menggunakan tusuk gigi atau lidi. Jika tusuk gigi keluar bersih tanpa adonan yang menempel, berarti bolu sudah matang sempurna.

Langkah 6: Angkat bolu dari oven dan biarkan dingin sejenak di dalam loyang. Setelah itu, balikkan loyang ke atas piring saji dengan hati-hati. Nikmati bolu karamel yang lezat dan lembut ini dalam keadaan hangat atau dingin. Rasanya sama enaknya!

Penutup

Demikianlah resep bolu karamel yang lezat dan mudah ini. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, siapa pun bisa menciptakan bolu karamel yang sempurna. Jangan ragu untuk mencoba di rumah sendiri dan berbagi dengan keluarga atau teman-teman terdekat. Selamat mencoba!