Cara Praktis Bikin Basreng Empuk dan Enak, Bikin Jadi Andalan Pas Ngemil Bareng Teman

basreng
basreng

Hai, Foodies! Apa kabar? Ada kabar gembira nih buat kalian para pecinta kuliner. Saat ini, ada satu jenis makanan yang tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat, yaitu basreng! Makanan ini didapuk sebagai kuliner yang bikin kamu kehilangan kendali, makan jangan sampe keburu habis!

Apa itu Basreng?

Basreng merupakan kepanjangan dari Bakso Goreng Renyah. Seperti namanya, basreng adalah bakso yang digoreng hingga renyah. Makanan ini biasanya terdapat di warung-warung pinggir jalan yang menjajakan makanan-makanan khas Indonesia. Jadi, jangan heran kalau kamu menemukan basreng di sekitar area perkotaan.

Namun, yang membuat basreng begitu istimewa adalah tekstur renyahnya yang luar biasa. Saat menggigit basreng, kamu akan merasakan kombinasi antara rasa gurih, pedas, dan sedikit manis yang meledak di mulutmu. Tidak heran jika banyak orang yang ketagihan dengan cita rasa unik yang dimiliki oleh basreng ini.

Oke, sekarang kita akan membahas tentang cara membuat basreng secara lengkap. Tapi sebelum itu, pastikan kamu memiliki semua bahan dan peralatan yang diperlukan, ya!

Bahan-Bahan Membuat Basreng

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat basreng:
1. Bakso sapi, secukupnya
2. Tepung terigu, 1 gelas
3. Telur ayam, 2 butir
4. Tepung bumbu, secukupnya
5. Merica bubuk, 1 sendok teh
6. Garam, secukupnya
7. Air matang, secukupnya
8. Minyak goreng, secukupnya

Peralatan yang diperlukan:
1. Wadah untuk adonan tepung
2. Wajan/jeroan untuk menggoreng
3. Sendok penggorengan
4. Tisu dapur untuk meniriskan minyak

Baca Juga :  Kue Pelok Terlezat, Resep Simpel Buat Si Manisnya Hati

Cara Membuat Basreng

Langkah-langkah memasak basreng:
1. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, merica bubuk, dan garam. Aduk rata.
2. Tambahkan air matang sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, hingga adonan menjadi kental. Pastikan adonan tidak terlalu cair atau kental berlebihan.
3. Buat bakso dalam bentuk yang diinginkan, kemudian celupkan ke dalam adonan tepung hingga terbalut rata.
4. Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu masukkan bakso yang sudah dibalut tepung ke dalam minyak panas. Penggorengan dilakukan dengan api sedang agar bakso matang merata dan terhindar dari kebakaran.
5. Goreng bakso hingga berwarna kecokelatan dan renyah. Pastikan bakso matang sempurna.
6. Angkat dan tiriskan basreng dengan menggunakan tisu dapur untuk menghilangkan kadar minyak yang berlebih.

Tadaa! Basreng lezat dan menggoda bisa kamu nikmati kapan saja! Basreng yang renyah dan gurih ini cocok untuk dijadikan makanan ringan atau teman makan nasi hangat. Kamu juga bisa menambahkan bumbu pelengkap seperti saus sambal atau kecap manis sesuai dengan selera.

Bagaimana, mudah bukan? Kamu bisa mencoba resep basreng ini di rumah. Jangan lupa untuk berbagi dengan keluarga atau teman-temanmu ya, agar semakin seru!

Kesimpulan

Sebelum kita akhiri, yuk kita baca sedikit tentang fakta menarik mengenai basreng. Ternyata, makanan ini memiliki kalori yang cukup tinggi, lho! Jadi, kamu harus bijak dalam mengonsumsinya, ya. Serta, basreng juga bisa menjadi pilihan makanan yang menyenangkan untuk kamu yg ingin menikmati cemilan yang luar biasa.

Baca Juga :  Nikmati Asyiknya Kupang Kering Buatan Sendiri! Cusss, Abis ini ke Dapur Yuk!

Nah, itu dia informasi lengkap mengenai basreng yang bikin jilat jari ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuanmu seputar kuliner Indonesia. Selamat mencoba dan selamat menikmati basreng yang renyah dan lezat!

Sekian, Foodies! Sampai jumpa di artikel lainnya. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan dan jangan lupa selalu mencoba berbagai makanan lezat lainnya!