Mendag pada Operasi Pasar Murah di Surakarta

#image_title

Jawa Tengah – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan memimpin pelaksanaan Operasi Pasar Beras di Pasar Legi, Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (24 Sep).

Mendag menyampaikan, pemerintah menjamin pasokan beras tersedia di pasar dengan harga terjangkau. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan operasi pasar di berbagai wilayah untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan beras bagi masyarakat.

Mendag menambahkan, pemerintah memberikan bantuan pangan berupa beras kepada 21,3 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masing-masing sebanyak 10 kg. Selain itu, masyarakat dapat membeli beras melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Beras yang disediakan oleh Perum Bulog dengan harga eceran tertinggi (HET), yaitu Rp10.900/kg untuk wilayah I (termasuk wilayah Jawa).

Sebelumya, Mendag Zulkifli Hasan telah memimpin pasar murah dan operasi pasar beras di Kab. Mimika, Papua Tengah; Kab. Sumba Barat dan Kab. Sumba Barat Daya di Nusa Tenggara Timur; Kota Jambi; serta Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Pada kegiatan hari ini, Mendag Zulkifli Hasan juga melakukan pemantauan harga dan ketersediaan pasokan barang kebutuhan pokok (bapok) di Pasar Legi. Menurutnya, harga bapok di Pasar Legi sangat terjangkau dan pasokannya cukup.

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa; Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta, Heru Sunardi; dan Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Surakarta, Aryo Widyandoko. (Red)

Baca Juga :  Presiden Jokowi Tegaskan AIPF Ubah Rivalitas di Indo-Pasifik Jadi Kerja Sama Bermanfaat